Sukabumi Update

PAN Dukung Marwan di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Pengamat Politik: Iman Lihai

SUKABUMIUPDATE.com - Pengamat politik Asep Deni mengungkapkan, sikap PAN yang telah memutuskan mendukung Marwan Hamami di Pilkada Kabupaten Sukabumi bisa saja berubah. Bahkan tak menutup kemungkinan PAN berbalik arah mendukung calon lain.

Menurut Asep, hal itu bisa terjadi bila PAN tidak mendapatkan posisi wakil untuk mendampingi Marwan Hamami yang merupakan Ketua DPD Golkar di Pikada tersebut. Terlebih belum adanya SK dukungan PAN kepada Marwan. 

BACA JUGA: Dibalik Dukungan PAN Untuk Marwan Hamami Dua Periode di Pilkada Sukabumi

"Soal berbalik arah itu potensinya tetap ada, walaupun kecil. Karena sampai sekarang pun kan SK dari PAN belum keluar," ucap Asep Deni, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/11/2019).

Kendati demikian, bergabungnya PAN kepada poros Marwan Hamami, merupakan bentuk kelihaian dari para politikus PAN, terutama sosok Iman Adinugraha. "Akan menjadi buyar dari rencana hejo ludeung, karena PAN asalnya masuk situ," ujar Asep yang juga pengamat kebijakan Sukabumi ini.

BACA JUGA: Tutup Pintu Figur Eksternal? PAN Kunci Iman Adinugraha Untuk Pilkada Sukabumi

Asep Deni mengatakan, andai kata PAN tidak berbalik arah dan tetap melanjutkan koalisinya dengan sosok Marwan Hamami walaupun tidak mendapatkan posisi wakil, maka potensi lain yang akan mungkin terjadi adalah memasangkan kembali Marwan dan Adjo bersama Gerindra.

"Ketua Gerindra memiliki hubungan saudara dan hubungan politik dengan Marwan. Dan bila itu terjadi, maka koalisi tersebut akan menjadi koalisi yang kuat, terlepas nanti apakah Gerindra mengusung Adjo untuk menjadi wakil bersama Marwan ataupun sosok lain," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI