Sukabumi Update

Skenario Tambah Anggaran di Pilkada Sukabumi 9 Desember 2020? Ini Penjelasan KPU

SUKABUMIUPDATE.com - Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 digelar di Gedung Pendopo Sukabumi, Jumat (5/6/2020) melalui video conference (vicon). 

Vicon diikuti Menkopolhukam, Mendagri, DKPP, KPU, Bawaslu, serta Bupati dan Wali Kota yang daerahnya akan melangsungkan Pilkada Serentak.

BACA JUGA: Perppu Penundaan Pilkada Serentak Diterbitkan, KPU Sukabumi: Kami Siap Kapan Saja

Pertemuan jarak jauh tersebut membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada di sembilan provinsi dan 270 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Sukabumi.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman menjelaskan, dalam rapat koordinasi tersebut salah satunya dibahas mengenai kemungkinan penambahan anggaran.

BACA JUGA: Pemerintah Tegaskan Pilkada 2020 Tetap Akan Berlangsung 9 Desember

"Karena perintah Pilkada sekarang harus memperhatikan protokol kesehatan, dan itu berefek pada kebutuhan anggaran tambahan. Untuk KPU Kabupaten Sukabumi, dari Rp 83 miliar, baru terpakai sekitar Rp 2,9 miliar," kata Ferry kepada sukabumiupdate.com, vicon. 

"Instruksi pengurangan jumlah pemilih per TPS juga akan berimplikasi terhadap kebutuhan penambahan anggaran, baik dari APBN atau APBD. Namun kami akan berusaha memaksimalkan dengan anggaran yang ada bisa dioptimalkan," imbuhnya. 

BACA JUGA: Pilkada Sukabumi Digelar 9 Desember, KPU: Tunggu Keputusan Tertulis

Ferry melanjutkan, pihaknya kini juga tengan menunggu PKPU terkait Pilkada yang rencananya digelar 9 Desember 2020 itu disahkan.

"PKPU masih draft dan diajukan ke Kemenkumham untuk diundangkan. Kabupaten Sukabumi sama seperti daerah lain, kami siap untuk melaksanakan Pilkada," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI