Sukabumi Update

Dugaan Langgar Kode Etik ASN di Pilkada Sukabumi, Ini Kata Bawaslu dan Iyos

SUKABUMIUPDATE.com - Bawaslu Kabupaten Sukabumi hingga kini masih melakukan penelusuran terkait beredarnya foto Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri dalam acara di DPP Partai Golkar, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Klarifikasi Golkar Soal Surat DPP untuk Marwan - Iyos di Pilkada Sukabumi

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Haryanto mengatakan, tim Bawaslu kini sudah sampai melakukan penelusuran hingga ke DPP Partai Golkar.

"Tinggal menunggu jawaban dari DPP Golkar. Intinya menanyakan soal kehadiran Pak Iyos di salah satu acara DPP Partai Golkar, hingga fotonya beredar," kata Teguh saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Selasa (21/7/2020).

BACA JUGA: Iyos Benarkan Kunjungi DPP Partai Golkar, Nyalon atau Tidak Tunggu September

Lanjut Teguh, tak menutup kemungkinan bila berkas dan data yang dibutuhkan sudah lengkap, Bawaslu akan memanggil Iyos Somantri untuk dimintai klarifikasi. Selebihnya, Teguh juga akan berkomunikasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang lebih berwenang mendisiplikan ASN.

"Mengarah pada dugaan pelanggaran kode etik. Tapi baru dugaan. Kita ikuti tahapan sesuai aturan dan prosedur. Ini juga sifatnya temuan Bawaslu, karena sampai saat ini belum ada laporan. Kalau ada yang mau melapor, kami persilahkan," tandasnya.

BACA JUGA: Bersama Iyos Terima Surat dari Airlangga di DPP Golkar, Marwan: Tungguan We Eta Mah

Sementara itu, Iyos Somantri saat diwawancarai mengaku akan menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Sukabumi terhadap dirinya.

"Tunggu aja Bawaslu gimana, ngeceknya seperti apa," singkat Iyos, saat melakukan kunjungan ke kantor Kecamatan Nagrak, Selasa (21/7/2020).

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI