Sukabumi Update

2 Besar Megabiodiversity di Dunia, 31 Produk Pangan Kota Sukabumi di BIFHEX 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah Brasil, Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di Dunia. Ini menjadi potensi yang terus digali untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui produk pangan lokal dan Kota Sukabumi memperkenalkan 31 produk industri makanan lokal dalam ajang BIFHEX 2022 di Bandung.

Bandung International Food & Hospitality Expo (BIFHEX) 2022 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja di di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Rabu kemarin, 8 Juni 2022.

Setiawan menyebut Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas (megabiodiversity) kedua terbesar di dunia setelah Brasil. "Hal ini menjadi alasan utama mengapa biodiversitas atau keanekaragaman hayati Indonesia, termasuk Jawa Barat, menjadi aset yang perlu terus digali demi kesejahteraan," jelasnya dikutip dari akun facebook Jabarprovgoid, Kamis 9 Juni 2022.

Event pameran dan penjualan seluruh produk pangan lokal ini diikuti oleh kalangan industri kecil menengah dari sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat. Kota Sukabumi membawa 31 produk olahan makanan lokal di BIFHEX 2022.

Baca Juga :

Kepala Diskomindag Kota Sukabumi, Ayi Jamiat menjelaskan produk yang dibawa ke BIFHEX 2022 adalah produk industri dengan sejumlah kelengkapan sebagai pangan lokal berkualitas, baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan.

"Kami berharap ke depan makin banyak produk industri olahan pangan warga kota Sukabumi yang bisa kami bawa ke ajang-ajang regional, nasional bahkan dunia," ungkapnya.

Kabid Industri pada Diskomindag Kota Sukabumi Agus Mulyana menambahkan BIFHEX 2022 tak sekedar pameran makanan. Ajang ini juga menjadi lahan para pelaku industri menguatkan jaringan. 

"Karena pameran bukan hanya sekedar pameran makan olahan, tapi ada juga pameran alat alat produksi modern yang diikuti banyak pengusaha. Jadi yang datang ke BIFHEX 2022 adalah masyarakat dan pengusaha. Kesempatan baik untuk memperkenalkan produk lokal Kota Sukabumi," jelas Agus kepada sukabumiupdate.com, melalui pesan singkat.

photoDiskomindag bawa 31 produk pangan dari IKM Kota Sukabumi ke Bandung International Food & Hospitality Expo (BIFHEX) 2022 - (dok Diskomindag Kota Sukabumi)</span

Berikut daftar 31 produk olahan pangan (makanan) Kota Sukabumi pada BIFHEX 2022 di Bandung yang rencananya akan berlangsung selama 3 hari;

-Ece Teng-teng dari Tegalpari

-Ece Noga Kacang dari Tegalpari

-Kue Jahe Animo dari Kebonjati

-Sagon Bakar dari Ciaul

-Sehi Basreng dari Citamiang

-Sehi Keripik dari Citamiang

-Bakat Jaya Kue Gambang dari jalan Rengganis

-Bakat Jaya Kue Lavender dari jalan Rengganis

-Bakat Jaya Vavender dari jalan Rengganis

-Bakat Jaya Bolu Kering dari jalan Rengganis

-Bakat Jaya Mochi dari jalan Rengganis

-Nakasansu Baby Fish dari jalan Cimanggah

-Nakasansu Keripik Kulit Ikan Salmon dari jalan Cimanggah

-Radya's Stick

-Samutut Kripik Tempe

-Abon Cucu

-Changjo Kacang Ijo Krispi

-Tea Stories

-Maman Keripik Jengkol

-Chik Abon

-Tegar Keripik Pisang

-Nafiz Kripik Tempe

-Warung Astri Katapang

-Permen Palda

-Aromanis

-Bangket Jahe

-Raisya Peyek

-Lumerhaday Keripik

-Katapang Sayang

-Keripik Tajir Sehah

-Bakat Jaya Bolu Kering jalan Rengganis

"Sampai hari ini yang paling banyak dibeli oleh konsumen di BIFHEX 2022 adalah mochi," pungkas Agus.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI