Sukabumi Update

Harga Telur di Sukabumi Naik, Pedagang Sebut Pengaruh Bansos

SUKABUMIUPDATE.com - Harga telur ayam ras tembus hingga Rp 32 ribu per Kg di Pasar Cisaat, Kabupaten Sukabumi pada minggu ini. Pedagang menyatakan, pada minggu sebelumnya harga masih Rp 28 ribu per Kg.

Pedagang, Juanda (18 tahun) mengatakan dia menjual telur yang Rp 31 ribu per Kg dan 32 ribu per Kg. "Saya menjual 31-32 ribu per Kg, yang membedakannya hanya ukuran saja besar dan agak kecil," ujar Juanda, Senin, 22 Agustus 2022.

Baca Juga :

Dia menyatakan, penjualan menjadi turun akibat naiknya harga telur ini. “Gara-gara naik juga kios jadi agak sepi gak seperti biasanya," ujarnya.

Juanda menuturkan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan harga telur naik salah satunya imbas dari bansos. Sebab supplier yang menyuplai telur untuk kebutuhan bansos menaikan harga, imbasnya harga telur di pasar pun naik. 

Sementara itu, Pasar Gudang Kota Sukabumi, harga telur turun. 

Pedagang Asep, menyatakan harga telur saat ini Rp 29.500 per Kg. Sedangkan pada hari sebelumnya, telur mencapai Rp 31 ribu per Kg.

Asep mengatakan setelah harga telur naik pembeli menjadi turun. Dia menuturkan ada sejumlah faktor pemicu harga telur naik. "Penyebabnya karena harga pakan yang membuat peternakan menaikan harga telur," ujar Asep, Selasa (23/8/2022).

Selain itu bansos juga mempengaruhi jumlah pembeli. "Bansos juga berpengaruh ke penjualan kita, karena warga sudah mempunyai stok telur dari bansos," ujar Asep.

SUMBER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI