Sukabumi Update

Apakah Pertalite? Jenis BBM yang Bakal Dihapus dari Indonesia Mulai 2023

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya menaikan harga BBM, Pemerintah RI juga berencana menghapus jenis bahan bakar minyak tertentu mulai 2023 mendatang. Penghapusan ini terkait karena perubahan regulasi dan kondisi pasar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menegaskan pemerintah akan menghapus beberapa jenis BBM pada 1 Januari 2023 mendatang. Kabar ini diberikan jauh hari, agar pelaku usaha bisa menghabiskan stok BBM yang akan dihapus sebelum pemberlakuan aturan ini.

Melansir suara.com, mengacu pada pengumuman Kementerian ESDM, yang akan dihapus dari pasar Indonesia adalah BBM dengan angka oktan 88. Jadi secara umum peraturan ini akan berlaku untuk semua pengusaha dan bisnis BBM di Indonesia, baik BUMN maupun BUMS (swasta).

Saat ini BBM dengan oktan 88 merupakan BBM dengan oktan terendah yang dijual di Indonesia. Maka dalam rangka peningkatan kualitas, BBM jenis ini akan dihapuskan sehingga tak lagi dipasarkan mulai tahun depan.

Baca Juga :

Setidaknya terdapat dua jenis BBM yang jelas akan dihapus. Pertama, Premium milik Pertamina dengan nilai oktan 88, dan Revvo 89 milik Vivo dengan nilai oktan 89. Meski nilai oktan milik Vivo di angka lebih dari 88, namun angkanya masih di bawah 90, sesuai dengan regulasi yang akan diberlakukan.

PT Vivo Energy Indonesia telah mendapatkan kabar ini. Secara terbuka pihaknya menyetujui hal ini dan menyatakan akan segera menghabiskan stok Revvo 89 yang mereka miliki.

Target penghabisan stok ini akan diakhiri pada 31 Desember 2022, tepat sehari sebelum pemberlakuan aturan baru dari pemerintah. Jadi pada pergantian tahun, Vivo secara resmi bisa menghabiskan stok BBM dengan RON dibawah 90-nya, dan mengikuti regulasi resmi dari pemerintah.

SUMBER: SUARA.COM (I Made Rendika Ardian)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI