Sukabumi Update

Dinas Pertanian Soal Panen Bawang Merah di Sasagaran Sukabumi

Panen raya hasil budidaya di Sasagaran dilakukan oleh Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI. (Sumber: dokpim)

SUKABUMIUPDATE.com - Upaya berkelanjutan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi menggali potensi wilayah dan produk unggulan hortikultura membuah hasil. Terbaru adalah bawang merah di Desa Sasagaran Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi.

Bahkan panen raya hasil budidaya di sasagaran ini dihadiri langsung oleh Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Dengan keberhasilan ini, Dinas Pertanian Kabupaten mencatat perluasan lahan tanam bawang merah di Kabupaten Sukabumi bertambah, pun demikian dengan volume panennya.
.
Kabid Sarana Pertanian pada Dinas Pertanian Deni Ruslan menerangkan secara geografis wilayah Kabupaten Sukabumi memiliki ketinggian bervariasi. Ini menguntungkan untuk pertanian, sehingga komoditas apapun dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Baca Juga: Tidak Hanya Banjir, Ini 5 Dampak Buruk Buang Sampah Sembarangan

Dengan keunggulan geografis ini Kabupaten Sukabumi bisa menciptakan lebih banyak sentra-sentra produk pertanian.

"Terima kasih kepada Direktorat Perbenihan Hortikultura atas kepercayaan menanam dan memanen bawang merah serta manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Tentu selanjutnya akan menjadi tugas kami membina petani untuk meningkatkan produksi bawang merah di Kabupaten Sukabumi," jelasnya.

Demplot varietas bawang merah berhasil panen raya, pada 17 Februari 2023 merupakan kerjasama Direktorat Perbenihan Hortikultura dengan Kelompok tani Karya Mukti Desa Sasagaran.

Baca Juga: Tembok Penahan Tanah Longsor, Rumah Warga di Nagrak Sukabumi Terancam

Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementan RI Inti Nashwari menjelaskan pemerintah punya agenda memperluas lahan tanam bawang merah dan potensi pertanian lainnya.

"Harapannya hasil panen dapat memenuhi kebutuhan di daerah, khususnya Sukabumi Sukabumi dan sekitarnya. Serta dapat mendukung agrowisata Desa Sasagaran," ucapnya dikutip dari portal resmi Pemkab Sukabumi.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT