Sukabumi Update

Pemerintah Siapkan Bansos Pangan Jelang Ramadan 2023, Ini Syarat Penerimanya

Ilustrasi. Pemerintah Siapkan Bansos Pangan Jelang Ramadan 2023, Ini Syarat Penerimanya (Sumber : Freepik/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Ramadan 2023, pemerintah telah menyiapkan bansos pangan untuk masyarakat Indonesia yang  membutuhkan.

Pembagian bansos pangan Ramadan ini diketahui akan disalurkan selama tiga bulan, mulai dari bulan Maret, April, sehingga Mei 2023.

Penerima bansos pangan menjelang Ramadan dan sesudah Ramadan tersebut berhak memperoleh bantuan berupa daging ayam, beras, dan telur.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Asisten Rumah Tangga (ART), Simak Persyaratannya

Jadwal pembagian bansos tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan. Bantuan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan ini diberikan untuk menekan inflasi pangan jelang Ramadan dan Idul Fitri.

"(Pembagian bansos) diharapkan dalam tiga bulan ini bisa berjalan," kata Airlangga seperti mengutip dari Kompas.com.

Regulasi pemberian bansos saat ini sedang disusun, termasuk dalam menentukan kelompok masyarakat yang berhak menerima Bantuan Sosial Pangan jelang Ramadan. 

Baca Juga: Sinopsis The Hunger Games: Mockingjay Part 1, Tayang di Bioskop Trans TV

Dan berikut adalah syarat penerima bansos pangan jelang Ramadan dan setelah Ramadan 2023 seperti menghimpun dari Suara.com.

Syarat Penerima Bansos Pangan 

Bansos ini rencananya akan menyasar warga desa, utamanya pada penerima Program Keluarga Harapan atau PKH dan Bantuan Pangan non-Tunai atau BPNT.

Meski belum diumumkan secara resmi, jika melihat perkembangannya maka salah satu syarat utama menerima bantuan sosial ini adalah keluarga yang masuk daftar penerima PKH dan BPNT.

Untuk informasi tambahan, Kementerian Sosial menyatakan PKH dan BPNT akan disalurkan dalam bentuk uang tunai. Hal ini juga mengonfirmasi bahwa e-warong sudah tak ada lagi.

Bantuan uang tunai itu akan cair dan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat atau KPM melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Airlangga Hartarto juga menyampaikan Pemerintah sedang bersiap menghadapi kemungkinan peningkatan harga pangan dan aneka tarif transportasi menjelang hari raya. 

Sebagai langkah pencegahan, pemerintah akan melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok secara rutin, seperti beras, daging sapi, ayam, bawang merah dan putih, dan telur ayam juga minyak goreng, dan cabe. 

Selain itu, Bulog juga diminta memastikan kestabilan pasar termasuk memantau jangkauan pasar dan ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar tradisional. Demikian penjelasan tentang bansos pangan jelang Ramadan. 

Sumber: Suara.com (Rima Suliastini)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT