Sukabumi Update

Perumdam TJM Sukabumi Gelar Pelatihan Pengendalian Air Tak Berekening

Peserta pelatihan pengendalian air tak berekening menyimak pemaparan narasumber. Pelatihan dilakukan di kantor Perumdam TJM Sukabumi, Kamis (6/4/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Perumdam Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi melaksanakan pelatihan pengendalian air tak berekening di kantor Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi, Kamis (6/4/2023).

Kegiatan pelatihan ini diikuti 30 orang pegawai Perumdam TJM pusat dan cabang. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Mereka adalah Hari Sundana dan Ramdan.

Adapun materi yang disampikan meliputi permasalah ATR, studi kasus neraca air manual, strategi pengendalian kehilangan air, latihan studi kasus WB easy calculation hingga post test. 

Baca Juga: Perumdam TJM Sukabumi Atasi Kebocoran Jaringan Air di Wilayah Cikembar

Kepala Bagian Kepegawaian Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi, Dody Darmansyah mengatakan, air tak berekening itu diantaranya kebocoran di jaringan, pemakaian air di kantor Perumdam, over flow di reservoir atau bak penampungan air.

Selanjutnya penggunaan air oleh dinas pemadam kebakaran melalui hidran air serta pembacaan meter air pelanggan yang belum sesuai dengan angka yang tertera di water meter pelanggan.

Dody menuturkan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam mengendalikan air tak berekening pada sistem distribusi.

"Dengan tercapainya tujuan dan sasaran tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta, perusahaan dan pelanggan secara keseluruhan dalam menjaga ketersediaan air minum yang cukup dan terjamin kualitasnya," ungkap Dody.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT