Sukabumi Update

Laris Manis Kulit Ketupat di Pasar Palabuhanratu Sukabumi Jelang Lebaran

Pedagang kulit ketupat di Pasar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memanfaatkan momen lebaran untuk meraup rezeki. (Sumber : Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari raya Idul Fitri atau lebaran akan terasa lengkap bila ada ketupat. Maka tak heran setiap menjelang hari raya, pedagang kulit ketupat mudah ditemukan di setiap sudut pasar, diantaranya Pasar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pantauan sukabumiupdate.com, para pedagang itu berjualan sambil sibuk menganyam janur atau daun kelapa untuk dijadikan kulit ketupat.

Para pedagang kulit ketupat semringah, sebab dalam sehari ratusan kulit ketupat bisa terjual. 

Baca Juga: 60 Negara di Dunia Pilih 21 April, Cuma 4 Negara Asia Tenggara Tetapkan Idul Fitri 22 April 2023

"Menjelang lebaran saya berjualan cangkang ketupat. Saya berjualan sudah tiga hari ini. Alhamdulillah setiap harinya bisa habis sampai 150 lebih cangkang (kulit) ketupat," ujar Dede rusmana (40 tahun), seorang pedagang kulit ketupat kepada sukabumiupdate.com, Jumat (21/4/2023).

Kulit ketupat itu dia jual Rp 7.000 untuk satu ikat yang terdiri dari 10 kulit ketupat. 

Dede mengungkapkan tak sedikit pembeli yang menawar harga kulit ketupat yang dijualnya.

"Pembeli ingin murah sampai ada yang nawar Rp 4.000, kalau harga paling mentok saya jual sampai Rp 5.000. Kenapa saya jual segitu karena saya juga beli daun kelapa dari petani," bebernya.

Baca Juga: Ucapan Idul Fitri: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum atau Minal Aidin Wal Faizin?

Pembeli Restu (25 tahun) mengungkapkan membeli kulit ketupat ini untuk persiapan buat lebaran besok. 

"Ini saya beli cangkang ketupat barusan buat lebaran besok, nanti akan kita masak masak seperti ketupat sayur,"kata restu.

Dengan adanya pedagang musiman cangkang ketupat ini, Restu merasa terbantu. "Saya tidak bisa membuat cangkang ketupat ini jadi saya beli aja bisa simpel dan praktis,"jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT