Sukabumi Update

Harga Naik, UPTD Distan Beberkan Kondisi Panen Padi di Pajampangan Sukabumi

Aktivitas petani di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - UPTD Pertanian (Distan) Wilayah Jampangkulon membuka data Harga Pembelian Pemerintah (HPP) terhadap Gabah Kering Panen (GKP) dan Gabah Kering Giling (GKG) pada panen tanam padi kedua di Pajampangan, Kabupaten Sukabumi.

"Panen tanam padi kedua di beberapa kecamatan sudah mulai sekitar dua minggu lalu. Saat ini petani masih melakukan panen di Kecamatan Jampangkulon, Surade, Ciracap, Ciemas, Waluran, Tegalbuleud, Cibitung, Cimanggu, dan Kalibunder," kata Kepala UPTD Pertanian Wilayah Jampangkulon Yaya Kuswaya pada Selasa (16/5/2023).

Pantauan di lapangan, kata Yaya, pada panen kedua ini ada peningkatan produksi 2 persen dibandingkan panen pertama. Termasuk kenaikan harga sekitar Rp 1.000 per kilogram, di mana HPP GKP panen pertama Rp 4.200 menjadi Rp 5 ribu dan GKG dari Rp 5.200 menjadi Rp 6 ribu.

Baca Juga: Berjalan Efektif dan Efisien, Harapan Distan Sukabumi Terkait Program Penyuluhan

Yaya mengatakan ada beberapa kecamatan yang mengalami peningkatan produksi, namun ada pula yang mengalami penurunan lantaran beberapa lahan tidak ditanami padi karena faktor cuaca. "Namun secara keseluruhan produksi panen kedua meningkat 2 persen," ujar dia.

"Harga di petani cukup bagus. Setelah panen kedua, kami memberdayakan petani dengan melanjutkan program tanam kedelai," kata Yaya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT