Sukabumi Update

Satgas Pangan Sikapi Lonjakan Harga Beras, Pastikan Stok di Kota Sukabumi Aman

Potret pedagang beras di Pasar Stasiun Timur Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Belakangan ini harga beras di sejumlah pasar di Kota Sukabumi alami lonjakan. Diduga hal tersebut akibat dampak kekeringan yang masih dirasakan oleh para petani. Menyikapinya, Satgas Pangan Kota Sukabumi berencana akan lakukan sidak (inpeksi mendadak) di sejumlah pasar tradisional di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Hal itu disampaikan Kapolres Sukabumi Kota yang juga Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pangan Kota Sukabumi, AKBP Ari Setyawan Wibowo kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (7/9/2023).

"Kita ketahui sendiri musim kemarau, sehingga satgas pangan Kita akan tetap monitor perkembangan harga pangan di lapangan dengan dinas terkait kota dan kabupaten. Kita akan melaksanakan sidak-sidak, monitoring di sejumlah tempat penjualan bahan pokok," kata Ari.

Baca Juga: Beras hingga Cabai, Cek Harga Bapokting di Pasar Pelita dan Tipar Gede Sukabumi

Selain itu, ia juga menegaskan di tengah fenomena El Nino ini, kenaikan harga beras memang dirasakan secara nasional. Kendati demikian, ia memastikan untuk persedian beras terpantau masih tersedia dan dalam kondisi aman.

"Harga beras menang secara nasional hari ini ada kenaikan, karena memang dampak Elnino ini ya mudah-mudahan prediksi BMKG Jumat nanti hujan. Untuk stok dari bulog masih normal dan terpenuhi. Mudah-mudahan itu juga dapat membantu menekan kenaikan harga beras," tandasnya.

Berdasarkan pantauan langsung sukabumiupdate.com di Pasar Stasiun Timur Kota Sukabumi, diketahui saat ini harga beras Ciherang Cianjur I Rp 14.000/kilogram, Beras Ciherang Cianjur II Rp 13.500/kiligram, Beras Ciherang Sukabumi Rp 13.500/kilogram, Beras Premium Kelas I Rp 14.000/kiligram dan Beras Medium lokal Rp 13.000/kilogram.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT