Sukabumi Update

Jual Hasil Pertanian Lokal dalam GPM, Stand Distan Sukabumi Laris Manis

Sri Hastuty Harahap (berkacamata) saat berada di stand Distan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Memperingati Hari Pangan Sedunia ke-43, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diadakan di Alun Alun Palabuhanratu, Senin (16/10/2023). Dalam acara tersebut, Dinas Pertanian atau Distan membuka stand yang menjajakan ragam komoditas holtikultura hasil pertanian lokal.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan, GPM merupakan upaya konkret dalam menghadapi masalah inflasi yang disebabkan oleh harga pangan yang naik.

"Gerakan pangan murah ini untuk mengantisipasi harga pangan yang meroket, Dinas Pertanian hari ini menghadirkan khususnya horti, jadi kita hadirkan yang pemicu inflasi itu cabe sama bawang kemudian ples beberapa sayuran," ujar Tuty kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Baca Juga: Distan Sukabumi Usulkan Singkong Manggu MHAS Jadi Varietas Unggul Nasional

Tuty juga menjelaskan bahwa dalam GPM ini, Distan mayoritas menjual komoditas pertanian lokal yang berasal dari wilayah IV Kabupaten Sukabumi. 

"Jadi produk horti yang kita datangkan dari petani sekitar sini di wilayah IV palabuhanratu, simpenan sekitarnya dan dari Purabaya, jadi kita datangkan petani milenial disini untuk menghadirkan produk mereka berupa sayur-sayuran termasuk yang pemicu inflasi bawang meran dan cabe,beragam banyak sekali sayuran. Allhamdulilah habis," ucap Tuty.

Menurut Tuty, masyarakat sangat antusias dengan adanya gerakan pangan murah murah ini. Terbukti dengan laris manisnya produk-produk holtikultura yang dijajakan Distan di GPM tersebut.

"Yah karena ini gerakan pangan murah, melihat ini murah tentu mereka akan mengejar kesini karna memang bandingan harganya jauh dengan yang di pasar, kita siapkan bahan pangan yang mereka beli dengan harga murah tentu dari tadi pagi kita tahan kalau tidak tahan, habis displaynya," ungkap Tuty

Tuty kemudian menekankan bahwa Gerakan Pangan Murah adalah langkah nyata untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Tujuan utama Gerakan Pangan Murah ini adalah untuk memberikan masyarakat kemampuan untuk membeli bahan pangan dengan harga terjangkau," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT