Sukabumi Update

Uniknya Abon Gedebog Pisang, Oleh-oleh Favorit Geopark Ciletuh Sukabumi

Abon Gedebog Pisang khas Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Perajin makanan ringan yang menamai produknya dengan Sanca (Sagala Olahan Cau), selain membuat cemilan keripik dari bahan gedebog pisang. Dian Hardiani (48 tahun) warga Kampung Ciemas, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, memproduksi teman nasi (lauk) berupa Abon, masih dari bahan baku gedebog pisang.

Bahkan kedua kuliner dengan produk Sanca (Sagala Olahan Cau) sudah menjadi oleh oleh khas Geopark Ciletuh Palabuhanratu itu, sudah sangat akrab di kalangan konsumen di Pajampangan, dan luar daerah. Karena keunikannya, tentunya layak dicoba.

"Bahannya sama seperti membuat keripik gedebog pisang kepok atau sobo. Namun untuk bahan abon, gedebognya diambil dari batang bagian dalamnya," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: Berkah Tahun Politik, Percetakan di Cicurug Sukabumi Banjir Pesanan APK

Proses pembuatannya, lanjut Dian, gedebog dipotong potong kecil, lalu direbus sekitar 30 menit, setelah itu diblender atau di koper dan cuci bersih, setelah itu direbus kembali sebentar dikasih santan, bumbu rempah, gula merah, dan gula putih biar menyerap, lalu digoreng, setelah matang dan harum tercium, lalu angkat dan tiriskan," jelasnya.

Untuk pemasarannya, ucap Dian, selain kepada warga sekitar di Pajampangan, juga ke wilayah  Sukabumi lainnya, melalui online ke Jakarta hingga, Batam. "Ada kemasan di toples Rp 25 ribu, isi 200 gram, kalau per kilogramnya Rp 120 ribu," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT