Sukabumi Update

Ratusan Sapi Potong Pasok Kebutuhan Daging Lebaran di Pajampangan Sukabumi

Tempat pemotongan hewan di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, ratusan sapi mulai dipotong untuk memenuhi kebutuhan daging lebaran di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi.

Kepala UPTD Peternakan Wilayah Jampangkulon Gungun Abdulgoni mengatakan sekitar 259 ekor sapi berbagai jenis seperti jenis PO, limousin, simmental, dan sapi madura, sudah dipotong.

"Jumalah itu belum termasuk yang memotong di tempat lain, milik petani. Itu hanya yang terdata dan dipantau oleh UPTD Peternakan di rumah pemotongan di Desa Citanglar, Kecamatan Surade," katanya kepada sukabumiupdate.com, Senin (8/4/2024).

Baca Juga: Harga Daging Sapi dan Kerbau di Palabuhanratu Sukabumi Merangkak Naik Jelang Lebaran

Sementara untuk memastikan kesehatan dan layak konsumsi, lanjut Gungun, di tempat pemotongan yang sudah bekerja sama dengan Dinas Peternakan dilakukan pengontrolan setiap malam oleh petugas UPTD Peternakan dan Puskeswan Jampangkulon.

"Ini untuk menjamin kesehatan sapi. Daging sapi yang sehat dan layak konsumsi," ujarnya.

"Harga saat ini masih sekitar Rp 150 ribu per kilogram, sama dengan tahun lalu. Tapi diperkirakan akan naik paling Rp 10 ribu menjadi Rp 160 ribu. Persediaan daging sapi di wilayah Pajampangan dipastikan aman," kata Gungun.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT