Sukabumi Update

Cabai Merah Rp 100 Ribu/Kg, Setelah Lebaran Harga Bapokting di Kota Sukabumi Turun

(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi mencatat beberapa bapokting mengalami penurunan harga. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi mencatat beberapa bahan pokok penting (bapokting) mengalami penurunan harga. Cabai merah besar lokal dari Rp 120.000 per kilogram menjadi Rp 100.000.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag M Rifki mengatakan bapokting lain yang harganya turun adalah daging sapi dari Rp 160.000 menjadi Rp 130.000 per kilogram, tomat kecil dari Rp 24.000 sekarang Rp 20.000 per kilogram, dan tomat besar dari Rp 28.000 menjadi Rp 25.000 per kilogram.

"Hasil pemantauan di lapangan harga cabai merah besar lokal menurun Rp 20.000 per kilogram. Ketika masa panen tiba, pasokan cabai merah besar lokal di pasaran akan meningkat sehingga harga menjadi turun,” kata Rifki kepada wartawan, Minggu, 14 April 2024.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Diskumindag Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Di Kota Sukabumi Aman

Menurut Rifki, cuaca buruk akan menganggu hasil panen sehingga pasokan berkurang dan harga naik. Selain itu, faktor cuaca juga memengaruhi hasil panen. “Jika musim hujan atau kemarau panjang, tanaman cabai merah besar bisa rusak dan berakibat pada penurunan pasokan dan peningkatan harga,” ujarnya.

Rifki menyebut harga bapokting lainnya hingga saat ini masih stabil seperti minyak goreng, garam, terigu, bawang putih, gula, dan bawang merah. Persediaan bapokting di pasar di Kota Sukabumi pun saat ini masih aman.

"Penurunan harga ini juga terjadi akibat menurunnya permintaan setelah Idul Fitri," katanya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT