Sukabumi Update

Geliat Usaha Jok Pinggiran Kota Sukabumi, Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Tangan telaten Andre Prasetyo (30 tahun) bergeliat di atas mesin jahit khusus, mengubah jok motor yang robek, bolong dan usang menjadi baru kembali.

Andre adalah pemilik Dokter Jok, sebuah bengkel servis jok motor yang berlokasi di Jalan Nyomplong, pertigaan Taman Bahagia, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Di kios yang luasnya sekitar 4x3 meter dengan kulit jok yang menggantung di sekelilingnya, Andre setiap hari menerima orderan servis jok motor. Sekali servis jok motor, Andre hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai satu jam, tergantung tingkat kesulitan.

"Buka dari pukul 09.00 - 17.30 WIB. Setiap hari ada, enggak banyak, paling satu atau dua pelanggan. Namanya juga usaha. Ganti sarung jok plus pasang harga Rp 70 ribu sampai Rp 150 ribu tergantung kualitas," kata Andre saat ditemui sukabumiupdate.com di bengkel Dokter Jok, Senin (4/1/2021).

BACA JUGA: Donat Jepang Dibuat di Karawang Sukabumi, Sekali Coba Pengen Lagi

Dokter jok, kata Andre, buka sejak tahun 2012. Sebelum pandemi Covid-19 ini, Andre mengaku bisa mendapat 7-10 pelanggan per hari. Menurutnya, pandemi Covid-19 ini cukup membuat perekonomian tersendat.

"Bertahan sebisanya saja. Tidak masuk atau daftar di bantuan UMKM atau bantuan pemerintah lainnya. Berdiri sendiri saja semampunya. Yang penting masih bisa cari rezeki yang halal," tandas Andre.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menJaga Jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI