Sukabumi Update

Jika di Belanda Makan Rengginang Sukabumi? Bisa Jadi dari Barokah Limusnunggal

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memiliki pengrajin makanan ringan khas sunda yang dikenal hingga mancanegara. Rengginang atau rangginang, produksi Barokah di Limusnunggal Kota Sukabumi sudah dikirim ke Belanda. 

Namanya warung rengginang Barokah, berlokasi di pinggir persimpangan jalan Lingkar Selatan dan Limusnunggal, tepatnya Kampung Gedong panjang RT 03/08 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Yeyeh (51 tahun) sang pemilik usaha menjelaskan saat ini Barokah memiliki omset harian mencapai Rp 400 ribu rupiah.

"Kalau per Minggu bisa mencapai Rp 3 juta. Produk kita juga banyak dikirim ke luar kota. Bahkan hingga ke Belanda," jelas Yeyeh kepada sukabumiupdate.com, di warung Barokah, Rabu (10/3/2021).

Berawal dari warung beras yang disisipi produk olahan sendiri yaitu rengginang. Namun seiring waktu tak hanya rengginang lah yang lebih terkenal dan dicari konsumen jika datang ke warung barokah.

Baca Juga :

"Saat ini kita punya 6 orang karyawan. Kita sudah memproduksi makanan ini dengan bahan baku hingga 1 kuintal beras ketan per hari. Awal mulanya sih paling 2 deka beras ketan. Alhamdulilah. Sekarang tak hanya rengginang, ada renggining, enye dan opak," ungkap Yeyeh.

Keberadaan produksi rumahan ini cukup mencolok jika kita melintasi lokasi tersebut. Di sekitar warung Barokah tersebar lembaran-lembaran bambu tempat menjemur rengginang, renggining, enye dan opak berwarna-warni.

photoProduk rengginang barokah dijemur alami di kawasan Limusnunggal Lingkar Selatan Kota Sukabumi - (magang 3)

Di Warung Barokah, perbungkus ranginang dan rangining berisi 50 biji dan dijual Rp 20 ribu, sedangkan enye dan opak berisi 50 biji dijual Rp 15 ribu perbungkus.                

"Kita sekarang juga menjual produk barokah dengan cara online via facebook dan lainnya, jadi pemesannya sudah banyak yang dari luar Sukabumi. Ada dari Bali dan Belanda, kita juga siap melayani pedagang lanjutan atau reseller," sambung Adrian, anak Yeyeh yang ikut mendukung usaha keluarga tersebut.

"Barokah siap menerima pesanan mentah dan sudah digoreng. Sesuai selera saja," pungkas Adrian sambil mengumumkan untuk pemesanan bisa juga via whatsapp ke nomor 0857-2415-2299.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI