Sukabumi Update

Buatan Startup di Sukabumi, Inilah Node! Sepatu 100 Persen dari Bahan Alam

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah startup di Sukabumi Jawa Barat tengah membuat sepatu dengan komponen bahan alam atau biocomponent. Ini termasuk barang langka di dunia karena bahan pembuatnya 100 persen serat alam yang bisa terurai dengan cepat.

Menyalin tempo.com, rencananya sepatu ini akan dibuat dengan model kets selop atau slip on sneaker dengan dua tema yaitu Chlorofil dan Spices. “Sekarang sudah 100 persen dari bahan alam, sedang penyelesaian sepatunya,” kata pembuatnya, David Chrisnaldi, Jumat 12 Maret 2021.

Pembuatan sepatu itu, kata David terkait undangan yang menantang dari panitia World Fashion Week di Paris yang akan dihelat Oktober 2021. Namanya bersama beberapa desainer lain diajukan oleh Dewan Serat Indonesia. 

Namun sebelum karyanya bisa dipamerkan di acara itu, David diminta mengirimkan karya inovasinya itu untuk dinilai dan diuji pada Mei mendatang.  “Kalau lolos akan menjadi masterpiece, karena belum pernah ada di dunia,” ujar lulusan Magister Desain ITB 2005 itu.

Sejak beberapa bulan lalu David dan pegawainya telah merintis pembuatan sepatu dan sandal biocomponent, namun kadarnya masih 93 persen. Sepintas, sepatu yang diminati konsumen khusus itu seperti sepatu kets umumnya yang mengandung bahan kimia dan sintetis.

Bermodel sepatu kets atau sneakers untuk anak muda dan dewasa, harganya tergolong premium. “Sepatu ini produk teknologi dengan semua komponen yang ramah lingkungan,” ungkapnya. 

David menambahkan, selain berbahan alam, limbah sepatunya dirancang bisa terurai kembali ke alam. Itu telah diuji lewat hasil riset-riset dan uji coba di laboratorium.

photoPostingan Balai Besar Pascapanen Pertanian? tentang sepatu berbahan alami - (akun facebook )

Ide konsep sepatu berlabel Node ini berawal dari kerja sama riset dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Kementerian Pertanian. Hasilnya, sol sepatu buatan David menggunakan campuran karet dengan biosilika dari sekam padi yang telah digunakan petani sebagai pupuk.

Komponen lain seperti kain sepatu, benang, tali, dari bahan alami. Misalnya dengan memakai serat kenaf yang bahannya telah dibuat usaha lokal. Beberapa macam bumbu dapur dan tanaman obat ikut diracik sebagai pewarna sepatu. “Di dunia belum ada yang berani klaim, kalau nanti berhasil menjadi pencapaian besar teknologi,” ujarnya.

Tantangan besar pembuatan sepatu biocomponent ini, menurut David, karena bahan alami selama ini dianggap kurang fungsional. Bioplastik dari bahan singkong misalnya, rawan lumer jika terkena air panas atau dingin. “Bahan alami sifatnya sangat reaktif,” katanya.

Bahan pewarna alami pun kerap terlihat kusam di produk pakaian sehingga terkesan kurang menarik. David mengklaim telah mengatasi persoalan-persoalan itu dalam produk sepatu Node yang dihasilkan startup miliknya tersebut.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI