Sukabumi Update

Ramadhan, Permintaan Kelapa Muda di Pajampangan Sukabumi Meningkat

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadhan menjadi berkah bagi pemilik pohon kelapa di daerah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sebab saat ini permintaan kelapa muda meningkat. Untuk harga jual ke luar daerah kelapa muda biasa Rp 4 ribu kemudian kelapa cungap Rp 5 ribu.

Kelapa muda dari Pajampangan yang merupakan sebutan untuk daerah di selatan Kabupaten Sukabumi ini dijual ke luar daerah seperti Bekasi dan Bogor. Biasanya dari warga, kelapa ini akan dijual ke pengepul dan pengepul ini yang kemudian menjualnya lagi ke luar daerah. 

Baca Juga :

Pengepul kelapa, Asep Rian (25 tahun) mengatakan, harga beli dari petani untuk kelapa muda biasanya Rp 1.500, dan untuk jenis kelapa muda cungap Rp 2.500. Kemudian untuk harga jual ke luar kota seperti Bekasi - Bogor, kelapa muda biasa Rp 4 ribu serta kelapa muda cungap Rp 5 ribu. 

"Kalau permintaan memang ada peningkatan, akan tetapi harga belum ada perubahan," ujar Asep, warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap kepada sukabumiupdate.com, Kamis (15/4/2021).

Menurut Asep, selain bulan Ramadhan, kelapa dari wilayah pajampangan ini selalu ada yang dikirim ke lau daerah. Sedangkan untuk Ramadhan ini harga jual kelapa di luar daerah belum ada kenaikan. 

"Menurut pengepul besar di kota, harga belum ada kenaikan, pengaruh cuaca di kota masih turun hujan," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI