Sukabumi Update

Kunjungi Pasar Tradisional, H.A Sopyan : Tidak Perlu Ada Wacana Impor

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPRD Jawa Barat kunjungi beberapa pasar tradisional untuk memastikan stok pangan pokok dan pangan komoditi selama Ramadhan aman. Anggota Komisi II dari Fraksi Partai Gerindra H.A Sopyan BHM mengatakan, petani Indonesia memiliki kemampuan untuk memenuhi pasokan kebutuhan pangan pokok dan pangan komoditi selama Ramadhan tahun ini.

“Terutama beras, saya kira aman, jadi tidak perlu lagi ada wacana impor,” kata H.A Sopyan usia mengunjungi sejumlah pasar di tiga kabupaten di Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).

Mantan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi ini mengatakan, dari sejumlah pasar yang didatangi belum ada yang mengalami kekurangan stok beras ataupun bahan pangan lainnya. Karena itu, menurutnya impor sembako itu pilihan yang harus dihindari, karena melihat kondisi lapangan saat ini stok pangan cukup stabil.

Baca Juga :

“Tugas pemerintah sekarang adalah menjaga agar tetap stabil hingga puncak permintaannya nanti menjelang lebaran," ujar H.A Sopyan.

Selain stok pangan yang stabil, H.A Sopyan juga menyebut harga-harga bahan pokok selama Ramadhan relatif terkontrol. Meskipun beberapa komoditas pangan sempat mengalami kenaikan di awal Ramadhan, namun menurutnya saat ini harganya mulai normal kembali.

“Selama komoditi pangan diserahkan kepada mekanisme pasar, maka harga akan sangat tergantung kepada suplay dan demand,” imbuhnya.

“Karena itu, tugas kami di Komisi II selain mengecek harga bahan pangan, juga ingin memastikan apakah stok komoditas cukup. Apapun temuannya akan jadi bahan rekomendasi ke pemerintah daerah," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI