Sukabumi Update

Latih Penyadap Aren di Sukabumi, DPESDM Geliatkan Usaha Gula Semut

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral atau DPESDM Kabupaten Sukabumi menggeliatkan usaha gula semut dengan menggelar pelatihan industri kecil terhadap 25 petani penyadap aren di Kampung Cisarua, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, akhir Mei lalu.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, 24-25 Mei 2021 itu dihadiri langsung Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi Aam Ammar Halim. Kepala Seksi Industri Hasil Perkebunan dan Peternakan Dhany Haryanto mengatakan pelatihan tersebut bertujuan memaksimalkan hasil pengolahan dan produksi gula aren semut.

"Mereka cukup antusias mengolah nira menjadi gula semut," kata Dhany saat ditemui sukabumiupdate.com, Jumat, 11 Juni 2021.

Dalam pelatihan ini para peserta dipandu bagaimana mengolah gula semut. Pengolahan ini dimulai dari menyiapkan bahan dasar berupa nira. Selanjutnya nira diolah hingga menjadi gula kristal atau butiran yang disebut gula semut.

"Cara membuatnya sama saja seperti gula merah gandu biasa, tetapi tidak dicetak melainkan digiling dan nanti disaring sehingga menjadi butiran gula seperti gula kristal atau gula pasir," jelas Dhany. "Nilai jualnya juga lebih tinggi dari gula merah biasa. Kebanyakan gula semut ini dipasarkan ke hotel-hotel," tambah dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI