Sukabumi Update

Inilah Enam Langkah PDAM TJM Mengatasi Air Keruh di Musim Penghujan

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri atau PDAM TJM Kabupaten Sukabumi telah memiliki jurus ampuh untuk mengantisipasi terjadinya penurunan kualitas air akibat musim penghujan.

Saat memasuki musim hujan, biasanya bahan baku air yang berasal dari sungai cenderung mengalami perubahan tingkat kekeruhan.

Baca Juga :

Ini dipicu akibat banyak partikel alam yang terbawa air baku. Seperti diantaranya tanah, pasir, lumpur, sampah dan partikel lainnya, termasuk limbah atau sampah domestik.

Namun para pelanggan tak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab PDAM TJM sudah memiliki solusi untuk mengatasinya.

Inilah enam langkah yang dilakukan PDAM TJM untuk menjaga kualitas air baku dari sumber mata air sampai kepada ribuan pelanggannya.

1. Pengurasan

Badan usaha milik Pemkab Sukabumi ini telah menerapkan strategi sterilisasi air dengan melakukan pengurasan secara berkala di lokasi pengolahan air.

photoPDAM TJM berkomitmen memenuhi kebutuhan air berkualitas untuk pelanggannya. - (Dok Sukabumi Update)</span

2. Flushing atau Pembilasan

Tidak hanya pengurasan di tingkat pengolahan air saja, langkah lainnya yang rutin dilakukan PDAM TJM adalah flushing atau pembilasan di setiap jaringan perpipaan.

3. Pemantauan Hasil Produksi

Startegi selanjutnya adalah melakukan pemantauan terhadap hasil produksi air secara ketat dan berkelanjutan. Tujuannya agar hasil produksi air sesuai dengan standar.  

4. Uji Laboratirum

Tidak cukup hanya pemantauan saja, sebelum didistribusikan ke para pelanggannya, PDAM TJM melakukan uji laboratorium untuk memastikan kualitas air.

"Setiap hari ada pemeriksan uji lab air baik mengukur kekeruhan, pH air, warna, hingga mengukur sisa chlor. Langkah ini terdata dalam pelaksanaan harian yang dilaksanakan oleh petugas opertor pengolahan air," terang Kepala Urusan Produksi PDAM TJM cabang Cikembar, Ida Darmawati.

Baca Juga :

5. Monitoring Tingkat Cabang

Masih dalam upaya menjaga kualitas air. Pemantauan terhadap hasil produksi air dilakukan secara berjenjang. Setelah pemantauan di tingkat pengolahan air, selanjutnya monitoring dilakukan juga oleh kepala produksi di tingkat cabang dan berlanjut ke tingkat PDAM TJM pusat.

6. Mengatur Dosis Bahan Kimia

Dalam proses produksi air, PDAM TJM menerapkan pengaturan kadar dosis bahan kimia. "Mengatur dengan cara menaikan atau menurunkan kadar dosis pembubuhan bahan kimia saat penjernihan air sesuai kondisi air baku," ulas Andri.

Kepala Bagian Produksi PDAM TJM, Andri Setiawan menuturkan untuk sumber yang berasal dari mata air, tidak terpengaruh oleh musim penghujan. "Pengaruhnya tidak signifikan, cukup hanya sekali kali flushing jaringan saja," ujar Andri Setiawan.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI