Sukabumi Update

Percepatan Produksi Pangan Sukabumi, Distan dan Poktan Tanam Kacang Tanah

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi dan Kementerian Pertanian RI melaksanakan gerakan tanam kacang tanah bersama Kelompok Tani atau Poktan Harapan Bangsa di Desa Bantarsari Kecamatan Pabuaran Sukabumi, Kamis (28/10/2021).

Sekretaris Distan Denis Eriska mengatakan gerakan tanam kacang tanah yang juga melibatkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan di lahan seluas 40 Hektar.

Baca Juga :

Hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan pencapaian produksi pangan di Kabupaten Sukabumi. "Sampai saat ini realisasi penanaman kacang tanah di Kabupaten Sukabumi sudah mencapai luasan 2.492 Ha dengan Kecamatan terluas di Jampang tengah  803 Ha," ujarnya.

Dijelaskan Denis Eriska dimasa pandemi saat ini terbukti pertanian adalah sektor yang bisa bertahan sehingga produktivitas pertanian perlu terus ditingkatkan.

photoDistan dan Poktan saat menggelar gerakan tanam kacang tanah - (Istimewa)</span

Dengan begitu realisasi di Kabupaten Sukabumi dapat terus ditingkatkan melalui kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Terutama dalam ketersediaan bibit unggul dan adanya off taker yang bisa menjamin nilai jual produksi petani sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan," jelasnya.

Namun demikian, Denis mengaku langkah ini harus ditunjang juga oleh berbagai instrumen. Seperti ketersedian bibit unggul dan jaring pemasaran yang berpihak pada petani. Dengan begitu bisa menjamin keberlangsungan dan mendongkrak kesejahteraan insan pertanian.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI