Sukabumi Update

Opak hingga Kopi, DPKUKM Sukabumi Siap Ekspor Produk UMKM

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah atau DPKUKM Kabupaten Sukabumi sedang menyiapkan diri membantu puluhan produk UMKM di Sukabumi bisa diekspor ke luar negeri.

Kepala Bidang Bina UKM Nandang Sunandar mengatakan, saat ini ada 34 produk UMKM yang masuk kurasi untuk diekspor ke sejumlah negara. "Kurasinya dilaksanakan di Bandung (Transmart)," kata dia, Rabu, 1 Desember 2021.

Nandang menyebut, pihaknya selalu berupaya mendorong perkembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi. Kata dia, 34 produk UMKM itu masuk tahap kurasi setelah sebelumnya memenuhi syarat seperti NIB, PIRT, serta sertifikat sehat dan halal.

"Bantuan yang diberikan dinas antara lain binaan produk, pembuatan katalog, dan informasi kegiatan penyebarluasan produk lokal ke supermarket atau pihak swasta mana pun," ujarnya.

photoKepala Bidang Bina UKM Nandang Sunandar. - (Sukabumiupdate.com/Nelis)

Baca Juga :

Beberapa produk UMKM yang saat ini menunggu hasil kurasi untuk untuk ekspor adalah stick bayam, stick wortel, fish stick tenggiri, keripik kulit ikan, fish chips salted egg, keripik klasik singkong steam, popcorn, jamur crispy, simping asin, dan lumpia kering.

Kemudian, glutinous rice cracker, breadfruit chips, kerupuk banget, abon ikan tuna, seblak, makaroni, keripik cireng, abon ayam, abon lele, permen jahe, beras organic, beras hitam, sambal bawang, robusta coffee, arabica coffee, rempah celup daun mangga dan daun sukun, serta opak.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI