Sukabumi Update

Penjualan Roti di Indonesia Capai Rp 2,6 Triliun: Tertinggi di Asia Tenggara

SUKABUMIUPDATE.com - Meski belum menjadi makanan pokok, namun konsumsi roti masyarakat Indonesia cenderung tinggi. Hal itu dikatakan oleh Head of Strategy and Growth, Dailybox Group Miranda Haryanto.

Dikatakan Miranda, konsumsi gandum per kapita untuk roti di Indonesia mencapai 4,7 kg per tahun. Diperkirakan angka tersebut akan terus meningkat menjadi 6,6 kg per tahun pada tahun 2030 mendatang.

Mengutip suara.com, bahkan penjualan roti di Indonesia pada tahun 2021 juga menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara, mencapai USD 18,7 miliar atau setara Rp2.6 triliun. Sayangnya, lanjut Miranda, pasar roti Indonesia masih kekurangan pasokan dan 68 persen roti diproduksi oleh pelaku SME atau industri rumahan dengan cara yang konvensional.

Melihat hal tersebut, Dailybox Group resmi mengakuisisi brand Breadlife. Dengan begitu, Miranda berharap pihaknya dapat memperluas jangkauan produk roti tersebut ke seluruh Indonesia lewat optimalisasi kolaborasi omnichannel.

Strategi omnichannel sendiri menggabungkan strategi ekspansi toko online dan offline, serta sinergi sumber daya dan inovasi digital.

"Kolaborasi omnichannel membawa kami lebih dekat dengan pelanggan. Brand akuisisi ini memungkinkan Breadlife untuk memperluas jangkauannya menggunakan resources kami yang berada di 120 titik."

photoIlustrasi tukang roti di Indonesia - (istimewa)</span

"Sebaliknya, kami dapat menambah jaringan dengan memanfaatkan resources Breadlife yang terkonsentrasi di luar pulau Jawa. Hal ini sejalan dengan misi Dailybox Group untuk menjangkau lebih banyak titik di luar pulau Jawa," kata Miranda dikutip Suara.con dari siaran pers, Jumat (3/12/2021).

Di sisi lain, Miranda juga menjabarkan alasan pihaknya mengakuisisi brand roti Breadlife. Kata Miranda ada dua alasan utama, pertama karena adanya permintaan varian roti untuk melengkapi menu nasi dan lauk pauk yang ditawarkan Dailybox serta kedua, besarnya pangsa pasar roti di Indonesia yang berpotensi besar dan terus bertumbuh.

"Breadlife adalah salah satu brand roti terkemuka di Indonesia yang memiliki brand awareness yang kuat dan memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Bergabungnya Breadlife melengkapi lini produk kami yang telah ada, yaitu Dailybox, Dailymeals dan Shirato," ungkap Miranda lebih lanjut.

Sebelumnya, jika customer ingin membeli Breadlife, mereka hanya dapat mengunjungi outlet Breadlife yang berada di mall dan outlet stand-alone. Sekarang, dengan diakuisisinya brand Breadlife oleh Dailybox Group, selain mengunjungi outlet, pelanggan juga dapat melakukan pemesanan lewat platform pesan antar makanan online.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI