Sukabumi Update

10 Hewan yang Punya Kecerdasan Mirip Manusia, Salah Satunya Gajah

SUKABUMIUPDATE.com - Hewan secara kecerdasan jika dibandingkan dengan manusia, mempunyai makna yang berbeda. Dalam hal ini, kecerdasan pada hewan bisa terjadi dalam bentuk pengenalan diri,pemahaman bahasa, keterampilan matematika dan bentuk kerjasama.

Sangat mudah untuk mengenali kecerdasan pada hewan primata, tetapi masih ada banyak spesies lain yang lebih cerdas dari yang manusia kira. Dikutip dari Tempo.co yang dilansir dari ThoughtCo, berikut 10 hewan yang memiliki kecerdasan dan mampu memecahkan masalah seperti manusia:

1. Simpanse

Hewan ini masih satu kerabat dengan manusia, jadi tidak heran jika simpanse menunjukkan kecerdasan yang mirip dengan manusia. Simpanse dapat mengenali diri mereka, menampilkan emosi, serta bisa belajar menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.

2. Gajah

Seperti bentuk tubuhnya yang besar, tentunya gajah memiliki otak terbesar dari semua hewan di darat. Gajah memiliki ingatan yang luar biasa, mampu bekerja sama, dan bisa menunjukkan kesadaran diri.

3. Lumba-lumba

Semua manusia juga mengetahui bahwa lumba-lumba adalah hewan yang cerdas dan sama cerdasnya dengan burung dan primata. Lumba-lumba memiliki otak yang besar dan memiliki banyak lipatan sehingga memiliki kemampuan akan kesadaran diri.

4. Gurita

Gurita memiliki otak terbesar dari semua invertebrata (hewan tanpa tulang belakang). Bahkan dalam suatu kasus, seekor gurita bernama Otto diketahui mampu melempar batu.

5. Burung Beo

Burung ini dianggap sama pintarnya dengan anak manusia. Burung beo dapat mempelajari sejumlah kata manusia dan bisa menggunakan bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan manusia. Selain itu burung beo juga bisa memecahkan teka-teki dan memahami konsep sebab akibat.

6. Anjing

Anjing mampu menjadi sahabat manusia karena memiliki kecerdasan untuk berhubungan dengan manusia. Anjing dapat memahami emosi, menunjukkan empati, dan memahami bahasa simbolis.

7. Babi

Melansir dari howstuffworks, babi dikenal mampu beradaptasi di berbagai kondisi ekologi yang berbeda. Dalam penelitian, babi mampu menyelesaikan konsep refleksi dan dapat memahami instruksi yang diberikan oleh manusia. Sama halnya dengan kucing dan anjing, babi dapat dilatih.

8. Orangutan

Hewan yang satu ini dianggap makhluk yang paling cerdas setelah manusia karena hampir 96 persen memiliki DNA yang sama dengan manusia. Dalam sebuah penelitian, orangutan dewasa memiliki kinerja yang baik dalam membuat dan menggunakan alat.

9. Tikus

Dalam budaya Tiongkok, tikus dianggap baik karena kelicikan dan akalnya. Tikus banyak digunakan sebagai bahan percobaan. Dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa tikus mampu menemukan jalan pintas, celah, dan rute pelarian dalam sebuah eksperimen.

10. Merpati

Merpati juga sering menjadi objek penelitian, sehingga ada banyak pengetahuan mengenai kemampuan intelektual hewan ini. Dalam sebuah penelitian didapatkan bahwa merpati mampu mengenali ratusan gambar, mengidentifikasi diri, dan bisa diajarkan untuk mengurutkan gerakan, dan membedakan antara dua lukisan.

Sumber: Tempo.co/Fani Ramadhani

#SHOWRELATEBERITA

Writer: Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI