Sukabumi Update

Paus Santapan Megalodon, Inilah Jejak Penemuan Fosil Purba di Sukabumi

Paus Megalodon

SUKABUMIUPDATE.com - Lebih dari 500 fosil hiu purba atau Megalodon di Museum Sri Asih Pakidulan Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sukabumi menjadi aset geologi di Indonesia, wilayah yang puluhan juta tahun lalu adalah lautan tempat bermain satwa purba, termasuk paus jenis balaenoptera yang menjadi santapan Megalodon.

 

Tim sukabumiupdate.com merangkum beberapa cerita dan daerah di Kabupaten Sukabumi yang menemukan fosil-fosil hewan laut purba tersebut.

 

1. Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi

 

• Tahun Penemuan : 2021

• Penemu : Operator Beko Proyek Waterpark Ciracap

• Jenis Fosil Purba : Tulang Ikan Paus

• Lokasi : Lahan Proyek Wisata Air (Waterpark) di Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi

 

Penemuan Fosil purba di Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi adalah fosil jenis ikan paus purba. Fosil ikan paus ditemukan di sebuah lahan proyek galian pembangunan wisata air atau Water Park Ciracap. 

 

Uten, operator beko pada proyek wisata air (Water park) adalah penemu fosil paus purba tersebut saat dirinya sedang mengeruk tanah. Fosil kemudian diamankan dan berhasil dikumpulkan sebanyak 9 potong batu.

 

Pasca penemuan, Desa Ciracap kemudian langsung kedatangan tim peneliti dari museum Geologi Bandung. Tim peneliti menyebutkan bahwa batu fosil adalah potongan tulang belulang yang berukuran 20cm. 

 

Potongan tulang tersebut diduga adalah tulang rahang ikan paus purba yang telah terkubur jutaan tahun lalu.

 

2. Desa Cibodas, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi

 

• Tahun Penemuan : 2021

• Penemu : Penambang Asal Kampung Legok Jambu RT 06/02

• Jenis Fosil Purba : Gigi Atau Huntu Gelap Hiu Megalodon dan Kerang

• Lokasi : Lahan Warga Pribadi di Kampung Legok Jambu dan Sodong, Desa Cibodas, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

 

Fosil gigi hiu putih raksasa purba atau megalodon ditemukan di Cibitung, Sukabumi.

Fosil berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. 

 

3. Desa Gunung Sungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi

 

• Tahun Penemuan : 2020

• Penemu : Warga Desa Gunung Sungging saat Pemetakan Sawah

• Jenis Fosil Purba : Gigi Hiu Megalodon, Tulang Ikan Paus, dan Kerang

• Lokasi : Lahan kosong, di Area Desa Gunung Sungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi

 

Hewan purba yang ditemukan di daerah Gunung Sungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yaitu gigi hiu megalodon. Tak hanya itu, di Desa Gunung Sungging juga ditemukan jejak kehidupan laut purba lainnya seperti fosil tulang paus dan kerang (mollusca).

 

Sukabumi patut berbangga, bahwa fosil gigi hiu megalodon yang ditemukan di Surade adalah fosil gigi terbesar sepanjang penemuannya di Indonesia. Fosil gigi hiu megalodon memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan fosil yang ditemukan di Bojonegoro.

 

Dr Aswan seorang peneliti sekaligus dosen geologi ITB  (Institut Teknologi Bandung) menyampaikan area pesisir Kabupaten Sukabumi adalah aset penelitian lapangan pada bidang ilmu pengetahuan khusus geologi dan paleontologi di Indonesia. 

 

Wakil Badan Pengelola Ciletuh, Muhammad Teguh bahkan mengatakan perlu ada upaya perlindungan terhadap sumber daya alam di Kecamatan Surade dan Kecamatan Ciracap yang berada di kawasan Geopark Ciletuh.

 

Perlindungan sumber daya alam ditujukan sebagai upaya pelestarian dan geokonservasi agar menjadi warisan geologi kedepannya.

 

Peninggalan sejarah juga dapat dijadikan objek wisata yang secara tidak langsung diharapkan menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat sekitar.

 

#SHOWRELATEBERITA

 

Writer: Nida Salma Mardiyyah

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT