Sukabumi Update

Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Citepus Sukabumi, Dinas Perikanan Ungkap Pemicunya

SUKABUMIUPDATE.com - Viral rekaman video warga pesisir Pantai Citepus, Palabuhanratu Sukabumi panen ikan laut di daerah. Ribuan ikan kecil pada Jumat malam, 28 Oktober 2022 'loncat' ke darat, dan ini jarang terjadi.


Pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi meminta warga tidak berlebihan menanggapi fenomena alam tersebut, apalagi sampai panik. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nurhayati menyampaikan ulasan mengenai fenomena naiknya ikan ke permukaan pantai Citepus tersebut.


Berdasarkan keterangan BMKG, kata Nunung, pada saat itu tidak terdeteksi adanya gejala anomali. Walaupun menurut warga pesisir Citepus, 'gempuran' ombak pada malam itu saat ikan-ikan ikan terseret ke darat sedikit diatas kondisi normal.


Kemudian menurut teori, lanjut Nunung, ada tiga kemungkinan penyebab fenomena ikan-ikan kecil bermunculan ke tepi pantai.


“Pertama, ikan-ikan itu bergerak ke tepi pantai untuk menghindari predator,” ujar Nunung dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Sabtu (29/10/2022).



Kedua, ikan bergerombol itu bermunculan di tepi pantai karena adanya perubahan suhu di dasar laut.


“Di mana musim pancaroba mengakibatkan adanya perubahan suhu air laut. Akibatnya ikan-ikan kecil itu bermunculan ke permukaan untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat,” tuturnya.


Ketiga, adanya gelombang besar yang menyebabkan ikan-ikan kecil itu terseret ke perairan di dekat daratan.


Berdasarkan ulasan tersebut, Nunung meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak menyimpulkan fenomena ikan terdampar ini adalah pertanda akan datangnya bencana alam akibat gelombang laut yang tinggi. 


“Insya Allah masih aman (dari Tsunami). Kita juga menghimbau kepada seluruh para nelayan untuk berhati-hati karena cuaca,” tukasnya.


#SHOWRELATEBERITA 



Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI