Sukabumi Update

Inilah 5 Hewan dengan Nama Berawalan Huruf Y, Salah Satunya Satwa Endemik Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Didunia ini banyak sekali spesies hewan dengan bentuk dan keunikan yang beragam. Namun, apakah kamu tahu ada beberapa jenis hewan yang memiliki awalan namanya huruf Y?


Nah, untuk menambah pengetahuanmu, berikut ini kami telah menghimpun dari Tempo.co yang di rangkum dari berbagai sumber lima hewan yang namanya berawalan huruf Y.


Nama hewan berawalan huruf Y


1. Yaki


Hewan Yaki.

Hewan Yaki. | Foto: commons.wikimedia.org


Yaki satwa endemik Indonesia. Macaca nigra dalam bahasa lokal disebut Yaki atau monyet hitam Sulawesi, satwa endemik Indonesia, dikutip dari laman Pusat Studi Satwa Primata IPB.


Yaki hidup di hutan primer dan sekunder, daerah pesisir maupun di dataran tinggi hingga ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Yaki lebih menyukai tinggal di hutan primer, karena cocok untuk tidur dan mencari makan. Secara anatomi, bulu Yaki berwarna hitam juga mempunyai ciri yang unik dengan jambul di atas kepalanya.  Yaki memiliki ekor panjangnya 20 sentimeter.


2. Yak


Hewan Yak. | Foto: Pixabay.com

Hewan Yak. | Foto: Pixabay.com


Mengutip A-Z Animals, Yak hewan bertubuh kekar dan kokoh. Bulunya panjang dan tebal. Yak hewan berkaki empat yang berasal dari Tibet dan Cina. Tapi hewan itu juga ditemukan di Mongolia, Nepal, dan Asia Tengah. Yak hidup di sekitar Himalaya.


Mengutip Alphabetimals, Yak tinggal daerah tinggi di pegunungan yang sangat dingin. 


Para ilmuwan meyakini, Suku Qiang menjinakkan Yak sejak 5.000 tahun yang lalu, klaim itu didukung oleh bukti genetik. Namun, beberapa orang Tibet mungkin telah memelihara yak sejak 10.000 tahun silam. Yak mampu membajak dan mengirik, produksi susu.


3. Yakutian laika 



Hewan Yakutian laika. | Foto: Pixabay.com


Yakutian laika  jenis anjing yang berasal dari wilayah Yakutia di Siberia Rusia. Yakutian Laika digunakan oleh orang disana untuk menggiring rusa, berburu, dan menarik kereta luncur di salju.


Orang Yakut kemungkinan yang menggunakan anjing yakutian laika untuk menarik kereta luncur. Yakutian laika termasuk anjing kereta luncur.  Yakutian laika baru-baru ini menjadi lebih terkenal karena tergolong ras kuno.


Yakutian laika sangat cerdas, bersemangat, dan cukup mudah dilatih. Yakutian laika bisa menjadi hewan peliharaan keluarga. Namun, karena trah ini memiliki dorongan memangsa yang tinggi, yakutian laika tidak ideal dipelihara di rumah yang memiliki kucing atau hewan kecil lainnya. Populasi yakutian laika mulai berkurang. Pada 1998, muncul berbagai upaya untuk mempertahankan spesies itu.


4. Yarara


Hewan Yarara. | Foto: commons.wikimedia.org

Hewan Yarara. | Foto: commons.wikimedia.org


Yarara atau Bothrops alternatus, jenis ular yang ditemukan di negara-negara Amerika Selatan, yaitu Paraguay, Brasil, Argentina, dan Uruguay. 


Yarara tinggal di habitat yang hangat dan lembap, seperti hutan hujan, rawa, dan area di sekitar sungai. Yarara juga ditemukan di hutan gugur zona beriklim sedang dan padang rumput. Ular yarara cenderung menghindari daerah kering seperti gurun.


Yarara termasuk salah satu genus ular paling berbahaya. Racunnya berkembang cepat membunuh mangsa. Bahkan jumlah kecil pun bisa menyebabkan kerusakan parah di tubuh manusia.


5. Yoranian


Hewan Yoranian. | Foto: Pinterest.com

Hewan Yoranian. | Foto: Pinterest.com


Yoranian anjing hibrida, persilangan antara Yorkshire Terrier dan Pomeranian. Yorani berukuran kecil, tingginya antara 15 sentimeter sampai 25 sentimeter. Beratnya bervariasi dari 1,4 kilogram hingga 3,18 kilogram. 


Sumber: Tempo.co


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI