Sukabumi Update

Mengenal Sesar Cimandiri, Sesar Tertua di Jawa Barat yang Picu Gempa Cianjur

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) mengungkapkan bahwa gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) dipicu oleh aktivitas Sesar Cimandiri yang membentang di Jawa Barat.

Gempa tersebut sebenarnya berpusat di Sukabumi, tetapi guncangannya terasa kuat dan berdampak besar di Cianjur. Sejumlah bangunan di daerah tersebut rubuh dan ada pula laporan tanah longsor.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri," terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono seperti melansir dari Suara.com.

Sesar Cimandiri, menurut studi BMKG, merupakan satu dari enam struktur regional yang masih aktif di Jawa Barat. 

Selain Cimandiri, masih ada lima sesar lain di Jawa Barat yakni Sesar Baribis, Sesar Cipamingkis, Sesar Garsela, Sesar Citarik, dan Sesar Lembang.

BMKG menyebut Sesar Cimandiri adalah yang tertua di Jabar jika dibandingkan dengan lima sesar lainnya.

Sementara menurut Pusat Riset Kebencanaan Geologi pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Sesar Cimandiri membentang sepanjang 100 km, mulai dari Padalarang, Bandung Barat hingga Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Sesar Cimandiri dibagi menjadi tiga segmen dengan potensi gempa besar bervariasi.

Segmen pertama yakni Cimandiri di daerah Sukabumi dengan potensi gempa 6,7 magnitudo. Lalu segmen kedua yakni Cibeber di Kabupaten Cianjur dengan potensi gempa 6,5 magnitudo, dan terakhir segmen Sesar Rajamandala dengan potensi gempa 6,6 magnitudo.

Menurut laporan Stasiun Geofisika Bandung pada Juni 2022, gempa signifikan terbaru di Sesar Cimandiri terjadi pada 10 Maret 2020 dengan Magnitudo 5.1 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya dan menimbulkan kerusakan di Kalapanunggal.

#SHOWRELAREBERITA

Sumber: Suara.com

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI