Sukabumi Update

Mengenal Gunung Semeru, Salah Satu Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Semeru berlokasi di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Semeru menjadi perhatian setelah mengalami erupsi hebat pada Minggu, 4 Desember 2022. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia itu memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Minggu sejak pukul 02.46 WIB.

Meski gunung stratovolcano yang berbentuk kerucut itu sudah sangat terkenal terutama setelah dijadikan lokasi syuting film berjudul 5 cm. Namun, mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai Gunung Semeru seperti dimana lokasinya, berapa ketinggian Semeru hingga hal-hal menarik lainnya.

Melansir laman vsi.esdm.go.id, gunung api aktip ini secara administrasi berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga: Daftar Gunung Api Aktif di Pulau Jawa Selain Semeru, Ada Gunung Gede dan Salak!

Semeru memiliki ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan puncaknya sering disebut ‘Mahameru’ yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa sekaligus jadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia setelah Puncak Jayawijaya di Papua (4.884 mdpl), Gunung Kerinci di Sumatera Barat (3.805 mdpl), Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (3.762 mdpl).

Namun, untuk kawahnya sendiri berada di ketinggian 3744,50 mdpl yang dikenal dengan nama Jonggring Seloko terletak di sisi tenggara puncak Mahameru.

Kondisi Geografis

Dikutip dari laman bromotenggersemeru.org, Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Posisi geografis Semeru terletak antara 8°06' LS dan 112°55' BT.

Baca Juga: Tempat Para Dewa Hingga Tanjakan Cinta, Deretan Misteri Gunung Semeru yang Terkenal

Secara umum iklim di wilayah Gunung Semeru termasuk type iklim B (Schmidt dan Ferguson) dengan curah hujan 927 mm - 5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November - April. Suhu udara dipuncak Semeru berkisar antara 0 - 4 derajat celsius.

Suhu rata-rata berkisar antara 3 °C - 8 °C pada malam dan dini hari, sedangkan pada siang hari berkisar antara 15 °C - 21 °C.

Ranu Kumbolo Gunung SemeruRanu Kumbolo Gunung Semeru

Menjadi Tujuan Wisata

Gunung Semeru jadi salah satu gunung yang menjadi tujuan para pendaki, selain karena jadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, banyak orang datang untuk menyaksikan keindahan yang dimiliki gunung ini.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Gunung Salak, Salah Satu Gunung Api Aktif di Jawa Barat

Salah satu keindahan alam yang ditawarkan gunung ini selain puncak Mahameru yaitu sebuah danau yang disebut ‘Ranu Kumbolo’.

Dilansir dari laman vsi.esdm.go.id, Ranu Kumbolo (8 ha) terletak pada ketinggian 2390m dpl antara Ranu Pani dan Gn. Semeru. Hingga saat ini Ranu Kumbolo merupakan potensi obyek wisata yang menarik.

Daya tariknya antara lain bahwa pada lapangan yang relatif tinggi dari permukaan laut terdapat danau/telaga dengan airnya yang jernih sehingga banyak menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Baca Juga: Macan Tutul di TN Gunung Gede Pangrango Tersisa 25 Ekor

Kemudian di pinggir sebelah barat danau terdapat prasasti peninggalan purbakala. Diduga prasasti ini merupakan peninggalan zaman kejayaan Kerajaan Majapahit, namun hingga saat ini belum diperoleh kepastian.

Selain Ranu Kumbolo, disekitar Semeru juga terdapat danau lain yang disebut Ranu Pani dan Danau Regulo.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT