Sukabumi Update

Gempa M3.9 Guncang Pesisir Sukabumi, Titiknya di Laut

Peta gempa bumi berkekuatan 3.9 magnitudo yang mengguncang Sukabumi pada Rabu malam (14/12/2022). | Foto: BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Guncangan gempa bumi dirasakan warga Sukabumi pada Rabu malam (14/12/2022). BMKG Bandung dalam Instagram resminya menyatakan gempa ini berkekuatan 3.9 magnitudo dan terjadi pada pukul 19:58:22 WIB.

BMKG Bandung menyebut episenter gempa bumi berada pada koordinat 7.50 Lintang Selatan (LS) - 106.76 Bujur Timur (BT) atau tepatnya di laut 61 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa bumi sekitar 24 kilometer.

Salah satu pegawai Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Tedi Jauhari, merasakan getaran gempa saat ada di kantornya. Semula dia mengira getaran bersumber dari mobil yang melintas karena kantornya dekat dengan jalan raya.

Baca Juga: Mulai Jam 12 Malam Nanti, Jalan Sukabumi-Bogor di Jembatan Pamuruyan Tutup Total

"Ternyata kaca jendela bergetar, tapi tidak lama, hanya beberapa detik, antara tiga sampai empat detik. Kaget, sedang duduk, lihat tv, langsung berdiri mau keluar," kata Tedi kepada sukabumiupdate.com.

Hingga berita ini tayang belum ada laporan kerusakan akibat gempa di laut tersebut. Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal dipicu aktivitas sesar dasar laut Lempeng Eurasia (Intraplate Earthquake).

Hingga pukul 20:25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT