Sukabumi Update

Gempa M4.1 di Sumur Banten, Akibat Aktivitas Sesar Ujung Kulon!

Gempa Sumur Banten dengan M4.1 | Foto: BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa M4.1 mengguncang wilayah Banten, pada Jumat (16/12/2022) pukul 05:47 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa bumi berada pada koordinat 6.91 LS dan 105.35 BT atau berlokasi di laut pada jarak 37 km barat daya Sumur Banten dengan kedalaman 13 kilometer.

BMKG menjelaskan jika melihat pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Sumur Banten merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Ujung Kulon.

Baca Juga: Siap-siap Bansos Rp 476 Triliun Akan Disalurkan Tahun 2023, Ini Daftar Programnya

Selain itu dalam keterangannya menurut pemetaan BMKG dan hasil laporan dari masyarakat, guncangan Gempa Sumur Banten M4.1 ini dirasakan di wilayah Sumur dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Dirarasakandi wilayah Lebak dengan Skala Intensitas I - II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

Sementara itu, menurut hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan hingga pukul 06.08 WIB.

Meskipun begitu, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati, tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber: BMKG

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT