Sukabumi Update

Teleskop Hubble Abadikan Keindahan Galaksi Spiral NGC 6956

Galaksi Spiral yang sangat indah berhasil diabadikan oleh teleskop Hubble milik NASA (Sumber : Instagram/@nasa)

SUKABUMIUPDATE.com - Teleskop luar angkasa Hubble berhasil mengabadikan pemandangan galaksi spiral yang sangat indah.

Pemandangan indah itu dibagikan badan antariksa Amerika Serikat melalui akun Instagram resmi mereka @nasa.

Menurut NASA dalam keterangan gambar menyebut jika galaksi spiral tersebut diberi nama NGC 6956. Galaksi itu terletak 214 juta tahun cahaya di konstelasi Delphinus.

Baca Juga: Daftar 6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Saat Lulus Bisa Jadi CPNS

Para ilmuwan menggunakan teleskop luar angkasa untuk mencitrakan dan mempelajari bintang variabel Cepheid di galaksi, yaitu bintang yang terang dan redup secara berkala.

Para ilmuwan dapat mengukur seberapa terang bintang-bintang ini muncul dari Bumi dan membandingkannya dengan kecerahan sebenarnya untuk menghitung jaraknya.

Hasil dari pengamatan bintang-bintang ini sangat berguna dalam menentukan jarak benda-benda kosmik, yang merupakan salah satu informasi yang paling sulit diukur untuk benda-benda ekstragalaktik.

Baca Juga: Imbas Persekusi Kepada Mahasiswa Kasus Tindak Asusila, Para Pelaku Kini Diburu Polisi

NGC 6956 juga mengandung supernova tipe satu A. Seperti bintang variabel Cepheid, kita dapat menentukan jarak jenis supernova ini dengan mempelajari kecerahannya dan seberapa cepat redupnya seiring waktu.

Pengukuran ini membantu para ilmuwan menyempurnakan pemahaman tentang laju perluasan alam semesta, yang juga dikenal sebagai Konstanta Hubble.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT