Sukabumi Update

Diduga Akibat Aktivitas Sesar Baribis, Kuningan Diguncang Gempa M3.8

Kuningan Kuningan Diduga Kuat Akibat Aktivitas Sesar Aktif Baribis (Sumber : BMKG)

SUKABUMIUPDATE.comGempa M3.8 mengguncang wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Kamis (22/12/2022) pukul 04:18 WIB.

 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa bumi berada pada koordinat 6.99 LS dan 108.348 BT atau berlokasi di darat pada jarak 1 km barat daya Kabupaten Kuningan pada kedalaman 5 kilometer.

BMKG juga menjelaskan jika melihat pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Kuningan merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang diakibatkan oleh sesar aktif dan diduga kuat merupakan sesar aktif Baribis.

Baca Juga: Masa Tanggap Darurat Berakhir, Korban Jiwa Gempa Cianjur Versi Pemkab 635 Orang

"Diduga kuat gempa Kuningan Kamis pagi ini dipicu aktivitas Sesar Baribis Segmen Ciremai," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (22/12/2022) seperti dikutip dari Antara via Suara.com.

Selain itu, dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Cirebon, Majalengka

Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Sementara itu, menurut hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan hingga pukul 05:00 WIB.

Meskipun begitu, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati, tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT