Sukabumi Update

Gempa M3.0 Guncang Garut, Terasa Hingga Kabupaten Bandung

Akibat aktivitas sesar Garut Selatan, Kabupaten Garut diguncang gempa M3.0 (Sumber : BMKG)

SUKABUMIUPDATE.comGempa M3.0 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, hari ini, Jumat (30/12/2022) pukul 10:51 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa bumi berada pada koordinat 7.24 LS dan 107.75 BT atau berlokasi di darat pada jarak 16 km barat daya Kabupaten Garut pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG menjelaskan jika melihat pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Garut merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar Garut Selatan wilayah setempat. 

Baca Juga: Termasuk Sukabumi, BMKG Catat Ada 22 Gempa Bumi Merusak Sepanjang Tahun 2022

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecematan Pangalengan dan Paseh Kabupaten Bandung serta di Kecamatan Pasirwangi dan Darajat Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Sementara itu, menurut hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan hingga pukul 11:18 WIB. 

Meskipun begitu, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati, tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT