Sukabumi Update

7 Fenomena Langit Sepanjang Januari 2023, Hujan Meteor Hingga Penampakan Merkurius

Ilustrasi Fenomena Langit Januari 2023 (Sumber : SU/Reza Nurfadillah)

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena langit yang indah akan selalu terjadi setiap bulannya, dari peristiwa yang dapat dilihat dengan mata telanjang dengan mengunjungi tempat tinggi hingga menggunakan alat canggih seperti teleskop atau teropong.

Di bulan Januari 2023 ini, akan ada hujan meteor yang bisa kamu saksikan jika kamu beruntung dan kamu juga bisa melihat penampakan merkurius di pagi hari.

Selain hujan meteor dan penampakan Merkurius yang akan terjadi di langit bulan Januari 2023, inilah fenomena astronomi lainnya di bulan awal tahun 2023, seperti merangkum dari Space Tourism Guide.

Baca Juga: Dipenuhi Hujan Meteor, Simak 14 Fenomena Langit Bulan Desember 2022

1. Penampakan Messier 41 (2 Januari)

Januari biasanya tidak dimulai dengan banyak peristiwa langit malam, pada tanggal 2 Januari 2023 ini kamu akan memiliki kesempatan besar melihat salah satu objek Messier tercantik di langit malam.

Meskipun Messier Marathon baru akan muncul pada Maret mendatang, namun Messier 41 (M41) akan mencapai titik tertinggi sekitar tengah malam.

2. Okulasi Bulan di Mars (3 Januari 2023)

Okultasi bulan pertama di Mars mengikuti dekat Uranus, pasangan okultasi bulan akan terjadi dalam suksesi yang semakin dekat hingga pertengahan 2024 ketika kedua planet tersebut memiliki jarak yang semakin dekat.

Dan pada malam tanggal 3 Januari, ada kesempatan untuk melihat Bulan lewat di depan Mars jika kamu kebetulan tinggal di Sub-Sahara Afrika

3. Puncak Hujan Meteor Quadrantids (4 Januari)

Quadrantids, hujan meteor pertama tahun ini, diperkirakan akan mencapai puncaknya pada pagi hari tanggal 4 Januari.

4. Asteroid 2 Pallas di Oposisi (15 Januari)

Asteroid 2 Pallas pada malam tanggal 15 Januari. Bulan sabit yang memudar akan membuat kamu melihatnya lebih mudah jika menggunakan teleskop

5. Puncak Hujan Meteor γ-Ursae Minorid (19 Januari)

Hujan meteor ini berlangsung pada 15-25 Januari 2023, dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada malam 19 Januari. Pada malam itu kamu mungkin melihat sebanyak 3 meteor per jam.

6. Merkuri di Puncak Pagi (23 Januari)

Pada tanggal 23 Januari ketika planet merkurius mencapai puncak paginya 13° di atas ufuk barat daya maka kamu dapat melihatnya dengan mata telanjang. Itu benar-benar akan duduk setinggi ini di atas cakrawala selama beberapa pagi.

7. M44 Ditempatkan dengan Baik (31 Januari)

Satu lagi objek langit malam yang layak dilihat di bulan Januari. Messier 44 (M44) akan mencapai puncaknya di langit malam sekitar tengah malam waktu setempat untuk semua pemirsa (terlepas dari zona waktu), dan duduk di konstelasi Cancer yang redup. 

Namun kamu perlu menggunakan peralatan seperti teleskop atau teropong untuk melihat keindahan gugusan bintang terbuka ini.

Sumber: Space Tourism Guide

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT