Sukabumi Update

7 Tips Pola Hidup untuk Jaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Tidur Nyenyak

Tidur Nyenyak, Salah Satu Tips Pola Hidup untuk Jaga Kesehatan Mental (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan Mental menjadi unsur penting terutama ketika musim liburan seperti sekarang ini.

Pasalnya, pola hidup tidak sehat dan stress berkepanjangan bisa memicu masalah mental seseorang.

Tentunya, hal ini bisa berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Mengutip dari Tempo.co, Konselor dan terapis Alison Seponara menjelaskan, merawat kesehatan mental bermanfaat untuk suasana hati, mengurangi kecemasan, pemikiran yang jernih, hubungan mendalam, meningkatkan percaya diri.

Baca Juga: Inilah 4 Doa untuk Menjaga Kesehatan Mental, Supaya Jiwa Kuat Hadapi Cobaan Hidup

Menurut penulis buku The Anxiety Healer’s Guide, merawat kesehatan mental juga membantu mengelola kondisi kesehatan yang terganggu stres.

Hobi juga bermanfaat untuk kesehatan mental, dilansir WebMD via Tempo.co.

Hobi berbentuk kegiatan apa saja yang penting dilakukan secara rutin di waktu senggang. Misalnya, kegiatan yang kreatif, olahraga, akademis atau sesuatu yang individual bermakna dan menyenangkan.

Tips Pola Hidup yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

1. Tidur nyenyak

Menurut laman Healthline via Tempo, tidur nyenyak bukan hanya penting untuk kesehatan fisik. Healthline merujuk laporan penelitian pada 2021. Laporan menjelaskan 273.695 orang dewasa di Amerika Serikat yang rata-rata tidur 6 jam atau kurang tiap malam sekitar 2,5 kali berkemungkinan mudah mengalami tekanan mental. Itu jika dibandingkan mereka yang rata-rata tidur lebih dari 6 jam.

Baca Juga: Kualitas Tidur Terganggu? Pahami Pengaruh dan Cara Kerja Ritme Sirkadian

2. Mengurangi media sosial

Pekerja sosial psikiatri Oludara Adeeyo terus-menerus mengonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain di media sosial mendorong keinginan membandingkan dengan diri. Kebiasaan itu meningkatkan perasaan rendah diri, kecemasan, dan depresi.

3. Memperkuat hubungan sosial

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan hubungan yang kuat untuk memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan mental. Memperkuat hubungan sosial memberikan manfaat bagi mental. Misalnya, meringankan perasaan kesepian, mendapat dukungan emosional, dan menambah makna hidup.

4. Berolahraga

Olahraga bermanfaat untuk kesehatan mental, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, tidur nyenyak, mengendalikan gejala depresi dan kecemasan. Pilih gerak olahraga yang menyenangkan memilih aktivitas fisik yang sesuai kemampuan tubuh.

Baca Juga: Pagi, Siang atau Malam, Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga? Simak Penjelasannya

5. Konsumsi nutrisi

Makanan tertentu mempengaruhi kesehatan mental. Konsumsi makanan bernutrisi bermanfaat untuk fisik dan kesehatan mental. Makanan kaya nutrisi seperti beri, pisang, kacang polong, biji-bijian, ikan.

6. Istirahat teratur

Bersantai bermanfaat untuk memulihkan diri. Guru meditasi dan yoga Rosie Acosta menjelaskan, meditasi berbasis tidur salah satu pilihan yang bisa dicoba.

7. Terkena cukup sinar matahari

Matahari sumber vitamin D yang bagus dan bermanfaat meningkatkan sikap juga suasana hati, menurut Christopher S. Taylor, pendiri Taylor Counseling Group. Terkena sinar matahari tidak perlu lama. "Lima menit langit biru dapat membuat pikiran dan hati Anda sangat baik."

Pilih suasana yang nyaman saat pagi atau sore, bukan saat terik panas siang yang menyengat. Saat pagi atau sore terkena sinar matahari sambil menikmati udara di luar ruangan.

SUMBER : TEMPO.CO | GAYA

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT