Sukabumi Update

Menakjubkan, NASA Perlihatkan Penampakan Jantung Galaksi Bima Sakti

Penampakan jantung galaksi Bima Sakti yang dibagikan NASA | Foto: NASA/JPL-Caltech/ESA/CXC/STScI⁣

SUKABUMIUPDATE.com - Chandra X-ray Observatory, teleskop antariksa Hubble dan teleskop Spitzer menangkap penampakan jantung galaksi Bima Sakti.

Tidak diketahui kapan gambar tersebut diambil. Namun badan antariksa Amerika Serikat, NASA membagikan gambar jantung galaksi Bima Sakti itu melalui akun Instagram resminya @nasa pada Kamis (5/1/2023).

“kita menggunakan dua spektrum cahaya yang berbeda, inframerah dan sinar-X. Teleskop mengintip melalui debu dan puing-puing yang mengaburkan inti galaksi kita yang terlihat sebagai wilayah putih terang di kanan dan tepat di bawah bagian tengah gambar.” tulis NASA dalam unggahan tersebut.

Baca Juga: BRIN Ungkap Bakal Ada 4 Gerhana di Tahun 2023, Catat Waktunya

Mereka juga menjelaskan teleskop Hubble yang biasanya menangkap kosmos dalam cahaya
tampak mengungkap angin bintang dan radiasi yang dipanaskan oleh bintang masif yang membentuk wilayah pusat galaksi dalam inframerah, terlihat di sini dalam warna kuning dan emas. ⁣⁣

Sementara Spitzer juga melihat galaksi Bima Sakti dalam inframerah dengan pandangan yang lebih rinci dan menunjukkan inti galaksi yang bergolak.

Inti galaksi itu terdiri dari ratusan ribu bintang dan pembibitan bintang area yang menciptakan generasi bintang berikutnya. Pandangan Spitzer terlihat dalam warna merah dan oranye.⁣

Baca Juga: Saat Digrebek Warga, Rozy Zay Hakiki Kaget Ibu Mertuanya Sudah Telanjang


Kemudian Observatorium Sinar-X Chandra NASA menunjukkan inti galaksi dalam warna merah muda dan biru, di mana merah muda mewakili sinar-X energi rendah, dan biru mewakili energi lebih tinggi.

Lubang hitam supermasif di pusat galaksi kita menyebarkan cahaya sinar-X yang terlihat di kanan bawah gambar.⁣

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT