Sukabumi Update

Sumber Energi Terbarukan: Jepang Mulai Penelitian Ubah Salju Jadi Sumber Tenaga Listrik

Ilustrasi. Jepang melakukan penelitian untuk bisa mengubah salju menjadi sumber tenaga listrik sebagai sumber energi terbarukan | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan dunia terus berusaha menciptakan sumber energi terbarukan tak terkecuali di Jepang.

Negara yang terkenal dengan teknologinya itu dikabarkan tengah melakukan sebuah penelitian mencari sumber energi listrik baru.

Melansir dari Suara.com, para peneliti dari Aomori, Jepang, memulai penelitian untuk mempelajari cara menghasilkan sumber listrik dari salju sebagai sumber energi terbarukan.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Melalui proyek bersama, startup yang bergerak di bidang teknologi dan informasi Forte Co dan University of Electro-Communications sedang berupaya membangkitkan turbin dengan energi yang dihasilkan saat cairan didinginkan oleh salju yang tersimpan kemudian diuapkan oleh panas udara di sekitarnya.

Para peneliti memulai uji coba di sebuah kolam renang sekolah dasar yang lama ditinggalkan untuk mengeksplorasi perbedaan suhu antara salju yang tersimpan dan udara di sekitarnya untuk bisa dimanfaatkan.

“Salju telah diperlakukan sebagai gangguan, tetapi kami dapat memanfaatkannya dengan baik,” kata seorang pejabat kota, dikutip dari JapanToday, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: Jelang Laga Persib vs Persija Pelatih Fisik Pastikan Skuad Maung Bandung Siap Tanding

Penelitian lebih lanjut untuk melestarikan salju serta jumlah listrik yang dapat dihasilkan akan dilakukan sebelum produksi listrik dimulai pada musim semi.

Menurut Forte, tantangannya termasuk menemukan fasilitas berskala besar untuk menyimpan salju serta mengamankan udara panas selama musim dingin.

Untuk mendapatkan perbedaan suhu yang besar, perusahaan akan mempertimbangkan untuk menggunakan panas dari sumber air panas.

Baca Juga: 30 Ramalan Jayabaya yang Diduga Sudah Terjadi dan Akan Terjadi di Indonesia

“Ini adalah sumber energi terbarukan yang unik untuk wilayah dengan salju lebat. Ini juga akan mengarah pada penciptaan industri baru,” kata Jun Kasai, Kepala Forte.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT