Sukabumi Update

Semenit Berharga Gerhana Matahari Total 2023, Astronom: Waktunya Sebelum Lebaran?

Gerhana Matahari Total (Sumber : Instagram/@langitselatanmedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Gerhana Matahari Total seperti biasa selalu diburu oleh masyarakat terutama para astronom tanah air.

Tim Astronom menyebut, Gerhana Matahari Total 2023 diprediksi jatuh pada bulan April mendatang atau tepatnya sehari sebelum Lebaran Idul Fitri.

Diketahui Tim dari Observatorium Bosscha menyiapkan ekspedisi ke Pulau Kisar, Provinsi Maluku, dikutip via Tempo.co. Mereka akan berburu pengamatan Gerhana Matahari Total pada 20 April 2023. Persiapan dan survei lokasi telah dilakukan sejak tahun lalu.

Baca Juga: BRIN Ungkap Bakal Ada 4 Gerhana di Tahun 2023, Catat Waktunya

Menurut Kepala Observatorium Bosscha, Premana Wardayanti Premadi, mereka memilih Pulau Kisar karena pulau itu termasuk yang akan dilintasi Gerhana Matahari Total nanti. Waktunya pada pukul 13.22 WIT.

“Durasinya sebentar hanya sekitar satu menit,” kata Premana, Kamis, 13 Januari 2023. Adapun gerhana di pulau itu mulai dari pukul 11.47 hingga selesai 14.58 WIT.

Tim beranggotakan delapan astronom dari Observatorium Bosscha termasuk Premana. “Gerhana Matahari Total itu pasti unik,” kata dia lagi.

Adapun matahari kini disebutkan dalam periode aktif sehingga tim pengamat ingin mengetahui beberapa kejadian saat gerhana, seperti flare atau ledakan di matahari.

Baca Juga: 4 Fenomena Gerhana yang Terjadi Selama Tahun 2022, Ada Gerhana Bulan Total

Menurut Premana, tim juga berencana menggelar siaran langsung pengamatan dari lokasi. Saat ini mereka masih mencari dukungan teknologi internet. Sebagai ilustrasi lokasi, untuk pergi ke pulau itu tim akan menumpang pesawat perintis dari Ambon dengan lama perjalanan sekitar tiga jam.

Gerhana matahari akan melintasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada Kamis, 20 April 2023. Tapi, penampakannya akan berbeda-beda di beberapa wilayah.

“Gerhananya ada yang parsial atau sebagian dan ada yang total,” kata Premana sambil menambahkan, waktu gerhana matahari itu sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Jalur yang akan dilintasi gerhana matahari total, yaitu gugusan pulau sebelah barat daya Laut Banda.

Baca Juga: 5 Mitos Saat Gerhana Bulan Total, Dilarang Mandi Hingga Jangan Makan

Wilayahnya meliputi Pulau Kisar di Provinsi Maluku, kemudian Batumerah di Pulau Damar, Tanjung Batukasang di Pulau Watubela, Pulau Manawoka, Pulau Karas di Provinsi Papua Barat, area Teluk Cendrawasih, Pulau Mois Waar, dan Kabupaten Biak.

Di luar wilayah gerhana matahari total tersebut, matahari hanya akan tertutup sebagian. Di Medan, Sumatera Utara, misalnya, cuma gerhana tipis 3,35 persen pada pukul 10.50 WIB.

Sementara gerhana matahari sebagian di Padang hampir 13 persen, Palembang 26 persen. Adapun di Jakarta, matahari akan tertutup bulan 38,89 persen pada pukul 10.45 WIB, Yogyakarta dan Surabaya sekitar 50-an persen.

Sumber : Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT