TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Manusia Bisa Lakukan Perjalanan Waktu ke Masa Lalu? Ini Penjelasan Ilmuwan

Ilustrasi Melakukan Perjalanan Waktu ke Masa Lalu, Adegan Film The Time Machie Tahun 1960 (Sumber : Getty Images)

SUKABUMIUPDATE.com - Melakukan perjalanan waktu ke masa lalu terdengar sangat mustahil, dan sepertinya hanya ada di film-film saja.

Konsep mesin waktu sendiri sudah berpuluh-puluh tahun diumumkan namun sampai saat ini belum ada teori yang pasti mengenai mesin tersebut.

Namun, menurut sebuah perhitungan melakukan perjalanan waktu ke masa lalu ternyata relatif mudah. Menurut Universe Today yang dikutip dari Tempo.co, hal yang perlu dilakukan adalah membuat alam semesta ‘berputar’.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Matematikawan terkenal, Kurt Godel, ialah rekan Albert Einstein di Princeton, sangat penasaran tentang Teori Relativitas Umum Einstein yang telah menjadi formulasi gaya gravitasi modern.

Teori itu menghubungkan keberadaan materi dan energi dengan pembengkokan dan pembelokan ruang dan waktu. Pembengkokan dan pembelokan itu kemudian dihubungkan dengan perilaku materi dan energi tersebut.

Godel ingin tahu apakah Relativitas dapat memungkinkan perjalanan waktu ke masa lalu. Teori Einstein diakui sebagai kerangka kerja akhir untuk sifat ruang dan waktu. 

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Akan tetapi sejauh yang kita tahu, perjalanan waktu ke masa lalu terlarang, sehingga Godel lantas berpendapat bahwa Relativitas Umum secara otomatis tidak memungkinkan hal tersebut.

Konsep Perjalanan Waktu ke Masa Lalu

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT