TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Alasan Kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi, Ring of Fire Hingga Pertemuan Lempeng

Ilustrasi. Ring of Fire Hingga Pertemuan Lempeng menjadi beberapa penyebab kenapa di wilayah Indonesia sering terjadi gempa bumi | Foto: Pixabay/Angelo_Giordano

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia menjadi salah satu negara di Benua Asia yang sering mengalami gempa bumi baik gempa tektonik maupun gempa vulkanik.

Mengutip laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) via Akurat.co, sepanjang tahun 2022 saja tercatat telah terjadi lebih dari 10 ribu kali gempa bumi yang mengguncang Indonesia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, aktivitas kegempaan di Indonesia tahun 2022 berada di atas rata-rata aktivitas kegempaan Indonesia sejak tahun 2008.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu! Cara Antisipasi Saat Terjadi Gempa Bumi di Malam Hari

Dari total 10 ribu lebih gempa bumi yang terjadi pada tahun 2022, BMKG mencatat ada sebanyak 808 kali gempa yang dirasakan, 205 kali gempa signifikan, dan ada juga gempa bumi merusak terjadi sebanyak 22 kali.

BMKG menyatakan gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Gempa bumi juga cukup sulit diprediksi kapan waktu datangnya dengan tepat. Lalu apa yang menjadi penyebab wilayah Indonesia sering mengalami gempa bumi? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

1. Jalur ring of fire

Secara geografis Indonesia terletak di kawasan ring of fire atau cincin api pasifik. Juga sebagai tempat pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Oleh karena pertemuan tiga lempeng tersebut Indonesia termasuk negara yang rawan mengalami gempa bumi.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT