TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Hal yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar Menurut Ilmuwan, Pernah Membayangkannya?

Hal yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar Menurut Ilmuwan, Pernah Membayangkannya? (Sumber : Shutterstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Planet Bumi adalah salah satu planet di Tata Surya yang bergerak mengelilingi matahari dan berputar pada porosnya atau rotasi.

Rotasi Bumi menyebabkan adanya berbagai macam fenomena di dunia, diantaranya pergantian siang dan malam, perbedaan waktu di berbagai wilayah, perubahan arah angin dan arus laut, hingga gerak semu matahari.

Melansir space.com via Tempo.co, Bumi berotasi dengan kecepatan sekitar 1.770 kilometer per jamnya, satu kali rotasi Bumi setara dengan satu hari, tepatnya 23 jam 56 menit. Hal tersebut telah terjadi sejak Bumi terbentuk sejak 4,5 miliar tahun yang lalu. 

Baca Juga: Mayat Wanita Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi, Ketua RW Sebut Ada Luka

Karena Bumi terus konsisten melakukan rotasi, benda-benda di atasnya tidak akan merasakan gerakan memutar yang sangat-sangat cepat tersebut. 

Tidak ada satu hal pun di luar angkasa yang dapat menghentikan rotasi Bumi. Satu-satunya objek langit yang bisa memperlambat rotasi Bumi adalah Bulan.

Lantas, apa jadinya jika rotasi Bumi berhenti secara tiba-tiba maupun perlahan? Walaupun terdengar tidak mungkin, para ilmuwan kerap meneliti kemungkinan terjadinya Bumi berhenti berputar pada porosnya. Keadaan Bumi dipastikan bakal menjadi kacau karena peristiwa tersebut.

Baca Juga: Heboh Botol Miras di Setda Palabuhanratu Sukabumi, Ini Respons Bupati

Jika Bumi berhenti berputar secara tiba-tiba, benda-benda yang ada di dalamnya bergerak dengan kecepatan 1.770 kilometer per jam. 

Hal ini akan menyebabkan semua benda yang tidak menempel pada tanah akan terlontar ke arah timur dengan sangat cepat sebelum akhirnya jatuh kembali karena adanya gravitasi.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT