Sukabumi Update

Mengapa Hujan Membuat Seseorang Cepat Ngantuk? Ini Penjelasannya Secara Ilmiah

Mengapa Hujan Membuat Seseorang Cepat Ngantuk? Ini Penjelasannya Secara Ilmiah (Sumber : Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang seringkali bertanya-tanya mengapa saat turun hujan bisa membuat seseorang cepat merasa ngantuk.

Pertanyaan tersebut membuat banyak peneliti akhirnya mempelajari fenomena cepat mengantuk saat hujan turun ini.

Menghimpun dari laman resmi The University of Melbourne ternyata inilah jawaban ilmiah mengapa hujan membuat seseorang cepat mengantuk.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sukabumi 13 Februari: Waspada Masih Ada Potensi Hujan

1. Kandungan Ion Negatif di Udara Meningkat

Peningkatan ion negatif  menurut penelitian secara signifikan dapat meningkatkan sistem saraf manusia, sistem kardiovaskular, sistem darah, serta sistem pernapasan. 

Hal itu membuat seseorang akan merasa lebih relaks. Terlebih lagi, ion negatif memiliki efek menenangkan dan hipnosis yang bisa membuat seseorang cepat tidur terutama saat turun hujan.

Baca Juga: Resep Ayam Kukus Jahe, Cocok Disantap Hangat-hangat Saat Hujan

2. Menurunnya Kandungan Oksigen di Udara

Oksigen dapat menstimulasi otak dan membuat manusia merasa lebih waspada. Seperti diketahui ketika hujan turun, ada lebih banyak uap air di udara dan menghasilkan tekanan udara serta oksigen yang lebih rendah.

Dalam situasi tersebut, otak manusia akan mulai mengendur dan seseorang akan merasa mengantuk.

Baca Juga: 4 Manfaat Pisang Mentah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol

3. Sekresi Melatonin Meningkat 

Menurut penelitian otak manusia bisa mengeluarkan hormon tidur, yang tidak lain adalah melatonin. Hormon melatonin tersebut biasanya akan disekresikan saat suasana gelap serta redup. 

Ketika hujan turun, seperti diketahui awan gelap menghalangi matahari sehingga membuat lingkungan menjadi redup yang akhirnya dapat meningkatkan sekresi melatonin pada tubuh manusia.

Baca Juga: Kronologi Yoo Ah In Jadi Tersangka Penyalahgunaan Propofol dan Ganja

4. Suara Hujan Adalah Pengantar Tidur

Suara hujan merupakan suara dengan detak ritmis yang terdengar seperti lagu untuk mengantar tidur hal itulah yang menjadi alasan mengapa saat hujan turun seseorang menjadi cepat mengantuk.

Penelitian juga menemukan bahwa saat suara hujan memasuki otak manusia, secara tidak sadar otak menjadi rileks dan menghasilkan gelombang alpha yang memicu orang lebih cepat tidur, terutama dengan frekuensi 0 hingga 20 kHz. 

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika dibarengi dengan suara petir karena suara tersebut bisa membuat orang stres

Nah itulah empat jawaban ilmiah mengapa saat hujan turun banyak orang yang merasa mengantuk. Bagaimana apakah pertanyaan kamu sudah terjawab Updaters?

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT