Sukabumi Update

Tahukan Kamu ‘Ngorong’ Bikin Sehat dan Bahagia? Ini Penjelasan Peneliti

Ilustrasi Ngupil yang Menurut Peneliti Bisa Bikin Sehat dan Bahagia (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Ngupil atau orang Sunda sering menyebutnya ‘ngorong’ adalah sebuah kebiasaan naluriah untuk semua manusia. 

Ada perasaan lega saat seseorang mengeluarkan kotoran yang menumpuk di dalam lubang hidung.

Namun, pernahkah kamu berpikir jika ‘ngorong’ memiliki manfaat? Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu yang dihimpun dari laman Independent via Suara.com menemukan jika ngupil memiliki pengaruh positif untuk pertumbuhan anak-anak.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Alasannya karena lendir yang dihasilkan dari kebiasaan tersebut dapat menghalangi bakteri jahat menginfeksi tubuh manusia. 

Bahkan peneliti dari Austria, Professor Fridrich Bischinger mengatakan jika orang yang sering mengupil lebih sehat dan bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan kebiasaan naluriah tersebut.

"Ngupil adalah cara yang baik dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan secara medis ini baik untuk dilakukan," jelas Fridrich. 

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Peneliti bahkan mencari cara untuk membuat lendir sintetis yang bisa dijadikan permen karet atau pasta gigi untuk memberi manfaat yang sama. 

Terlebih lagi, ada bukti yang menunjukkan bahwa lendir dalam ingus bisa bertahan melawan infeksi saluran pernafasan, sakit maag, dan HIV.

Melalui penelitian tersebut, mereka berharap bisa meluruskan pendapat yang keliru soal kebiasaan ngupil sekaligus menyanggah pendapat ahli bahwa ngupil bisa mendorong penularan kuman dan menyebabkan pendarahan.

Baca Juga: 7 Manfaat Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Sehingga Redakan Sakit Kepala

Selain itu, ada juga peneliti yang mengemukakan jika kotoran dalam hidung dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bagus untuk gigi.

Bahkan para peneliti percaya jika bakteri yang terkumpul di hidung bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh jika dimakan.

"Alam mendorong kita untuk melakukan hal sesuatu karena untuk menguntungkan kita memiliki perilaku tertentu, termasuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Jadi, mungkin saat Anda memiliki keinginan untuk mengupil dan memakannya, sebaiknya Anda ikuti panggilan alam," papar Profesor biokimia di University of Saskatchewan, Kanada, Dr Scott Napper dilansir Daily Mail.

Baca Juga: 4 Manfaat Pisang Mentah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol

Dari perspektif evolusioner, lanjut dia, kita berkembang dalam kondisi sangat kotor dan mungkin keinginan untuk menjaga lingkungan dan perilaku kita steril tidak benar-benar bekerja untuk keuntungan kita.

Studi lain di Massachusetts Institute of Technology menyarankan lendir atau ingus dapat membantu mencegah infeksi dengan mencegah bakteri jahat. 

Para periset percaya lendir sintetis, dalam bentuk pasta gigi misalnya, bisa digunakan untuk menghentikan orang mendapatkan gigi berlubang pada gigi mereka.

Spesialis paru asal Austria Profesor Friedrich Bischinger, yang berbicara mengenai topik yang sama, mengatakan bahwa penelitian menunjukkan orang-orang yang sering mengupil, adalah orang-orang yang  lebih sehat, lebih bahagia dan lebih baik selaras dengan tubuh mereka.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT