Sukabumi Update

Gempa M5.6 Guncang Sumatera Barat Pagi Tadi, Berpusat di Darat!

Gempa M5.6 Guncang Sumatera Barat Pagi Tadi, Berpusat di Darat! (Sumber : BMKG)

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa dengan kekuatan magnitudo M5.6 mengguncang Sumatera Barat, pada Kamis (2/3/2023) pagi tadi sekitar pukul 6.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa bumi berada pada koordinat 1.65 LS dan 100.71 BT Kecamatan Sutera, berlokasi di darat pada jarak 36 km Tenggara Pesisir Selatan dengan kedalaman 82 kilometer.

Gempa dirasakan Magnitudo: 5.6, Kedalaman: 82 km, 02 Mar 2023 06:05:23 WIB, Koordinat: 1.65 LS-100.71 BT (Pusat gempa berada di darat 36 km Tenggara Pesisir Selatan),” terang BMKG yang dilansir dari akun Twitternya @infoBMKG.

Baca Juga: Guncangan Gempa Sukabumi Terasa di Bogor hingga Bayah

Sementara itu, melansir dari Tempo.co, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengungkapkan gempa M5.6 tersebut merupakan gempa bumi menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi

"Jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi," katanya. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang, Padang Panjang, dan Pesisir Selatan dengan skala intensitas II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 06.55 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Daryono mengajak warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Sumber: Tempo.co | BMKG

 

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT