Sukabumi Update

Manusia Banyak Berpikir Mudah Terkena Kipnotis, Ini Penjelasan Ilmuwan

Ilustrasi Manusia Banyak Berpikir Mudah Terkana Kipnotis, Ini Penjelasan Ilmuwan (Sumber : Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru seorang pemuda bernama Nandang (22 tahun) diduga menjadi korban hipnotis dari orang tak dikenal dan ditelantarkan di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

Menilik dari kejadian tersebut, ternyata hipnotis menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan tidak semata-mata untuk pengobatan saja.

Namun, perlu diketahui ternyata ada manusia yang kebal di hipnotis, hal tersebut terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Stanford.

Baca Juga: Peneliti Prediksi Gempa M8 Bisa Terjadi di Indonesia Bulan Maret 2023

Penelitian tersebut menggunakan data dari pencitraan resonansi magnetik untuk mengidentifikasi bagaimana area otak yang berhubungan dengan kontrol cenderung memiliki lebih sedikit aktivitas pada orang yang tidak dapat dihipnotis.

Melansir dari HiTekno.com, studi itu diterbitkan pada Archives of General Psychiatry Universitas Stanford.

David Spiegel, MD, penulis senior dan seorang profesor psikiatri dan ilmu perilaku memperkirakan ada "sesuatu" di otak ketika dia melakukan penelitian pada orang yang tidak dapat dihipnotis. Sekitar 25% objek penelitian tersebut tidak dapat dihipnotis.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Anime Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba season 3, Tayang Bulan Ini!

Spiegel dan rekannya di Stanford akhirnya melakukan scan MRI fungsional dan struktural dari otak 12 orang dewasa dengan hipnotisabilitas tinggi dan 12 orang dewasa dengan hipnotisabilitas rendah.

Kedua kelompok memiliki jaringan modus-default aktif, tetapi peserta yang terhipnotis menunjukkan aktivasi aktif yang lebih besar antara komponen-komponen jaringan kontrol eksekutif pada otak.

Penelitian ini juga mengungkap mudah atau tidaknya orang yang dihipnotis bukan tergantung dari kepribadian namun lebih pada kemampuan kognitif yang ada di otak.

Baca Juga: Sinopsis Film Dragged Across Concrete, Cocok Ditonton Malam Minggu

Otak yang memiliki aktivitas aktif lebih banyak (berpikir terlalu keras, melamun, khawatir berlebihan, berimajinasi tinggi dan aktivitas aktif lainnya) lebih mudah dihipnotis daripada yang tidak.

Sumber: HiTekno.com

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT