Sukabumi Update

Ada yang Merasakan? BMKG Bilang Gempa Dangkal M4.4 Getarkan Sukabumi

(Foto Ilustrasi) BMKG mengabarkan gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Rabu (22/3/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG mengabarkan gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Rabu (22/3/2023) pukul 08:24:14 WIB. Informasi ini diunggah Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di akun Instagram.

Daryono menyatakan gempa ini berkekuatan 4.4 magnitudo. Pusat gempa berada di laut berjarak 90 kilometer arah tenggara Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 31 kilometer. Menurut Daryono, ini jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.

"Jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut Lempeng Eurasia (Intraplate Earthquake)," kata Daryono dikutip dari tempo.co.

Baca Juga: Jejak Gempa Purba dan Danau Tektonik dalam Toponimi Lembursitu Sukabumi

Dampak gempa bisa dirasakan di wilayah Leles (Cianjur), Pajampangan (Sukabumi), Cipamingkis (Kabupaten Bogor), serta Cidora dan Pamengpeuk di Garut dengan Skala Intensitas III MMI. Ini setara getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk melintas.

Dampak gempa yang sama juga dirasakan di Kabupaten Bandung bahkan sampai Tasikmalaya tetapi dengan skala yang lebih lemah. Hingga keterangan dibagikan Daryono, BMKG belum menerima laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT